Quick Count, Anak dan Menantu Jokowi Berjaya di Pilkada Serentak 2020

MUS • Wednesday, 9 Dec 2020 - 18:47 WIB

Jakarta - Anak dan menantu Presiden Joko Widodo (Jokowi) berjaya di Pilkada Serentak 2020. Putranya Gibran Raka Buming Raka yang menjadi Calon Wali Kota (Cawalkot) Solo dan menantunya Muhammad Bobby Afif Nasution yang menjadi Cawalkot Medan sama-sama unggul dari rivalnya.

Gibran yang berpasangan dengan Calon Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa bahkan unggul telak dari rivalnya Paslon Bagyo Wahyono-FX Supardjo (Bajo). Hasil quick count lembaga survei Charta Politika dengan 99 persen suara masuk, Gibran dan Teguh Prakosa meraup 87,13 persen sedangkan Bajo hanya 12,87 persen.

Di Pilkada Medan, menantu Jokowi Bobby Nasution yang berpasangan dengan Aulia Rachman juga unggul dari lawannya Akhyar Nasution-Salman Alfarisi. Ini diketahui dari hasil quick count lembaga survei Charta Politika yang dengan suara masuk 95 persen hingga Rabu (12/9/2020), pukul 16.35.

Diketahui, anak dan menantu Jokowi sama-sama merupakan kader Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP). Anak sulung Jokowi dan pasangannya Teguh diusung hampir semua partai, yakni PDIP, PAN, Golkar, Gerindra, Partai Perindo dan PSI. Sementara Bajo merupakan paslon independen.

Sebelum terjun ke dunia politik, Gibran dikenal sebagai pengusaha bisnis kuliner. Martabak Markobar menjadi salah satu usahanya yang terkenal. Sementara Teguh Prakosa seorang politikus senior PDIP dan sebelumnya menjabat ketua DPRD Solo periode 2014-2019.

Menantu Jokowi, Bobby Nasution yang maju berpasangan dengan Aulia Rachman di Pilkada Medan didukung delapan parpol. Koalisi besar parpol yang mendukungnya yakni PDI Perjuangan, Partai Gerindra, Golkar, NasDem, PSI, PAN, Hanura dan PPP. 

Suami putri Jokowi, Kahiyang Ayu yang lahir di Medan 5 Juli 1999 ini juga belum lama terjun ke dunia politik dan langsung maju di Pilkada Medan.

Bobby Nasution menikahi Kahiyang Ayu, anak kedua Presiden Jokowi dengan satu napas ucapan ijab kabul di Kota Surakarta pada 8 November 2017 silam. Mas kawin yang diberikan Bobby yakni seperangkat alat salat dan emas 80 gram. Mereka kini sudah dikaruniai dua orang anak. Anak pertama diberi nama Sedah Mirah Nasution dan adiknya Panembahan Al Nahyan Nasution.