Vaksin Sinovac Tiba Dari China, Menkes: Prioritas Utama Tenaga Kesehatan

MUS • Monday, 7 Dec 2020 - 13:57 WIB

Jakarta – sebanyak 1,2 Juta vaksin Covid-19 asal perusahaan China sudah tiba semalam. Menteri Kesehatan, Terawan Agus Putranto mengatakan sasaran utama vaksinasi tahap satu ini ialah para tenaga Kesehatan.

"Untuk vaksin kiriman pertama, yang pertama mendapat sasaran adalah tenaga kesehatan, asisten tenaga kesehatan, tenaga penunjang yang bekerja pada fasilitas-fasilitas pelayanan kesehatan," kata Terawan dalam konferensi pers 'Kedatangan Vaksin Covid-19' yang disiarkan di kanal YouTube FMB9ID_IKP, Senin (7/12/2020).

Menkes juga mengatakan tengah mempersiapkan data yang tepat untuk semua sasaran penerima Vaksin, agar nantinya tidak terjadi kesalahan dan data ganda. Nantinya data tersebut berisikan nama dan alamat penerima Vaksin.

"Dalam hal ini Kemenkes sudah menyiapkan jumlah sasaran dan kebutuhan vaksin per kabupaten/kota. Selanjutnya data tersebut dimasukkan dalam tim Sistem informasi KPC PEN yang akan menyiapkan dalam bentuk data sasaran by name, by address," ujar Terawan.

Nantinya Kemenkes akan medistribusikan vaksin dengan standar operasional dan dilakukan dengan hati-hati untuk memastikan kondisi vaksin terjaga dengan baik.

Terawan juga mengatakan pihaknya akan menjamin kondisi vaksin tetap dalam kondisi baik pada saat pendistribusian. Jika ada vaksin dalam keadaan tidak baik, maka pemerintah akan mengembalikan vaksin tersebut kepada perusahaan yang memproduksinya.

"Untuk skema program maka vaksin didistribusikan ke gudang vaksin Dinas Kesehatan Provinsi, nantinya untuk kemudian diedarkan ke Dinas Kesehatan di bawahnya," kata Terawan.

Terawan berharap pendistribusian vaksin ini agar berjalan lancar dan vaksinasi dapat segera dilakukan. 

“Semoga pelaksanaan vaksinasi Covid 19 dapat segera dilaksanakan tepat waktu berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga penanggulangan pandemi Covid-19 ini dapat segera dan cepat diatasi," kata Terawan lagi.
(han)