Wisuda Virtual, Rektor UKI Ingatkan Wisudawan Kreatif Menyikapi Setiap Tantangan

ANP • Saturday, 5 Dec 2020 - 18:45 WIB

JAKARTA - “UKI menjadi salah satu dari 50 kampus terbaik di DKI Jakarta menurut Klasterisasi Perguruan Tinggi Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Tahun 2020. Kami mengapresiasi UKI yang telah banyak berkontribusi dalam berbagai kegiatan positif dan menorehkan prestasi selama pandemi ini. Sebagai insan Pendidikan Tinggi, kita menjadikan pandemi Covid 19 sebagai lompatan baru menuju pemulihan ekonomi, “ ujar Kepala LLDikti Wilayah III, Prof. Dr. Agus Setyo Budi, dalam Wisuda Virtual Universitas Kristen Indonesia (05/12). 

Wisuda Virtual UKI Tahun Akademik 2019/2020 ini diikuti oleh 882  wisudawan/ti dari Program Diploma, Sarjana, dan Magister. Wisuda dilaksanakan secara daring dari Amphitheatre Trans Studio Cibubur.  

Momen wisuda yang penuh kebahagiaan dan juga kebanggaan ini menjadi istimewa karena orang tua yang langsung melantik anak-anak mereka dan direkam dalam video pelantikan. Di era New Normal, dengan menggunakan teknologi dan kreativitas, wisuda virtual diharapkan memberikan kesan tersendiri bagi para wisudawan.  

Pelaksanaan prosesi wisuda dihadiri secara langsung oleh jajaran Rektorat UKI dan mahasiswa dengan predikat lulusan terbaik sebagai perwakilan dari para wisudawan/ti. Sivitas Akademika dan wisudawan lainnya mengikuti prosesi wisuda secara daring. Acara wisuda daring disiarkan secara online di channel Youtube Official UKI Jakarta dan Trans Studio Cibubur.

Kemeriahan acara wisuda semakin terasa dengan adanya penampilan dari penyanyi Maria Simorangkir dan Paduan Suara Mahasiswa UKI.

Rektor UKI, Dr. Dhaniswara K. Harjono, S.H., M.H., MBA, mengajak wisudawan  untuk kreatif dalam menyikapi setiap tantangan yang menghadang. Kreativitas membuka peluang dan menciptakan peluang, 
Kreativitas membantu untuk melihat dari sudut pandang yang berbeda dan mencari pemecahan masalah dengan lebih sederhana.

“Universitas Kristen Indonesia juga telah mengadopsi kebijakan pemerintah mengenai Merdeka Belajar Kampus Merdeka, sebagai perwujudan konsep Student Centred Learning, atau pembelajaran yang berpusat pada mahasiswa.  Kebijakan ini diharapkan dapat memberikan pengalaman kontekstual dalam meningkatkan kompetensi mahasiswa agar mereka siap kerja ataupun menciptakan lapangan kerja baru. UKI juga telah memperlengkapi Saudara dengan pengetahuan tentang kewirausahaan (entrepreneurship), “ ujar Dr. Dhaniswara

Ketua Yayasan UKI, Ir. Eddy Rainal Sinulingga, MBA berkomitmen bahwa Yayasan UKI meningkatkan jumlah dana beasiswa bagi mahasiswa UKI, khususnya bagi mahasiswa daerah 3T (Tertinggal, Terdepan dan Terluar) dalam rangka mempersiapkan SDM unggul yang akan membangun daerah asal dari mahasiswa. Dana beasiswa Yayasan akan diperluas dengan merangkul lulusan Sekolah Menengah Atas dari daerah urban, khususnya di Jakarta dan sekitarnya. 

“Program beasiswa Yayasan UKI juga disediakan bagi program pendidikan guru di FKIP. Kami menyadari bahwa untuk menyiapkan SDM yang unggul, kita perlu mulai dengan menyiapkan guru-guru yang bermutu, baik di tingkat pendidikan dasar dan menengah karena di sanalah dasar-dasar nilai dan kemampuan intelektual ditanamkan, “ tutur Ir. Eddy Rainal Sinulingga.


Wisudawan Berprestasi

Pada prosesi pelantikan wisudawan, Rektor UKI melantik 31 wisudawan dengan prestasi akademik terbaik di Fakultasnya. Pada program sarjana terdapat 20 lulusan yang mendapatkan predikat cum laude dengan IPK tertinggi yaitu 3.97 diraih oleh Thu Hema Varni dari Prodi Pendidikan Bahasa Inggris.

Wisudawan Program Pascasarjana, Prodi Magister Pendidikan Agama Kristen, Hermanius Zalukhu berhasil meraih IPK tertinggi yaitu 3.99. 

Adapun IPK tertinggi lulusan program diploma tiga diraih oleh Claritha Monica (Prodi Manajemen Pajak), Debora Krisnawati Sinaga (Prodi Fisioterapi), Elsa Cindrawati (Prodi Perbankan dan Keuangan), Alfresto Martua Sipayung (Prodi Keperawatan).

Pada periode ini terdapat wisudawan penerima beasiswa Peningkatan Prestasi Akademik LLDIKTI Wilayah III sebanyak 16 orang, beasiswa PT Adaro Indonesia sebanyak 14 orang, beasiswa Bidikmisi LLDIKTI Wilayah III sebanyak 2 orang, beasiswa PT Agung Automall sebanyak 1 orang dan beasiswa YKBN sebanyak 11 orang. (ANP)