Festival UMKM Sleman Sebagai Upaya Bangkit dan Berkembang di Saat Pandemi Cofid 19

MUS • Friday, 4 Dec 2020 - 11:02 WIB

Sleman - Bupati Sleman, Sri Purnomo membuka secara resmi Festival UMKM Sembada yang dilaksanakan untuk ketiga kalinya di Sleman, Kamis (3/12) malam. Pembukaan Festival tersebut ditandai dengan pemukulan gong oleh Bupati Sleman yang disertai dengan simulasi transaksi online.

“Festival ini diselenggarakan mulai tanggal 3 sampai dengan 6 Desember 2020, merupakan tahun ke tiga dalam penyelenggaraannya yang diikuti oleh 143 UMKM Sleman," jelas Pustopo. Kepala Dinas Koperasi Dan UMKM Sleman.

Festival UMKM Sembada tahun 2020 ini berbeda dengan penyelenggaraan di tahun sebelumnya. Perbedaan tersebut terlihat dalam konsep Festival UMKM Sembada 2020 yaitu pameran produk UMKM dilakukan secara langsung dan secara virtual yang dikemas dalam Pekan Digital Sembada (Kendi Sembada). 

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, tampak sejumlah protokol kesehatan juga diterapkan, dimulai dari pintu masuk area Festival sampai dengan pembatasan jarak yang telah diatur oleh panitia penyelenggara Festival UMKM Sembada. 

Sementara itu, Bupati Sleman Sri Purnomo dalam kegiatan tersebut menyampaikan Penyelenggaraan kegiatan Festival UMKM Sembada ke-3 Tahun 2020 ini merupakan salah satu bentuk  kegotongroyongan, sinergi dari semua pihak untuk membangkitkan kembali dinamika usaha para UMKM.

“Formulasi festival seperti ini sekaligus juga merupakan sarana untuk mengedukasi para pengelola UMKM  untuk lebih peduli dalam mengelola dan memanfaatkan teknologi informasi untuk mengembangkan usahanya. Dengan memanfaatkan teknologi informasi memberikan kesempatan kepada UMKM di Sleman untuk membuka akses pasar yang lebih luas lagi," Kkatanya. 

Sri Purnomo juga menghimbau kepada penyelenggara untuk benar-benar menerapkan serta patuh kepada protokol kesehatan, mengingat saat ini wabah Pandemi Covid-19 masih ada dan tidak bisa disepelekan.

"Dalam memudahkan transaksi dalam Festival UMKM Sembada ke-3 ini, seluruh UMKM yang ikut serta telah menggunakan BPD DIY QRIS Ultimate Automated Transaction (QUAT) yaitu aplikasi penerbitan Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS) bagi pemilik usaha agar proses dengan QR code menjadi lebih mudah, cepat, dan terjaga keamanannya," tambah Sri Purnomo. (Ron)