Lomba Cover Lagu, Kembangkan Potensi Vokasi

AKM • Saturday, 28 Nov 2020 - 17:46 WIB

Jakarta - Setiap anak memiliki bakat, ketertarikan dan minat yang berbeda. Perbedaan itu, termasuk dalam memilih Sekolah Menengah Atas- SMA atau Sekolah Menengah Kejuruan SMK.

Dirjen Pendidikan Vokasi, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) Wikan Sakarinto mengatakan pilihan sekolah harus disesuaikan dengan bakat anak. Menurut Wikan, lulusan SMK memiliki kesempatan sama dengan lulusan SMA.

“Lulusan SMK bisa kok kuliah. Jadi bukan kuliah itu milik lulusan SMA saja. Malah lulusan vokasi jauh lebih tinggi memberikan menu mimpi,” katanya dalam pembukaan Grand Final Lomba Cover Lagu Condong Pada Mimpi di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

Wikan menuturkam, salah aatu cara untuk memperkuat bakat dari para siswa SMK adalah dengan bernyanyi melalui Lomba Cover Lagu Condong.

Wikan menjelaskan, kegiatan Grand Final Lomba Cover Lagu Condong Pada Mimpi menjadi alternatif di tengah pandemi Covid-19. Penyelenggara yang digelar secara digital ini bertujuan agar siswa pendidikan vokasi tidak hanya memiliki kemampuan teknis saja, tetapi juga kemampuan non-teknis.

“Kegiatan ini untuk mencari kompetensi. Ada lebih dari 1000 peserta dengan meng-upload video. Kami ingin ke depan kegiatan ini bisa lebih baik,” ungkapnya.

Hal yang sama diungkapkan seorang juri cover lagu “Condong Pada Mimpi”, Purwacaraka. Ia mengatakan, lulusan pendidikan vokasi jauh lebih banyak terserap dunia industri. Angka ini jauh lebih baik dibandingkan lulusan program S1.

“Ini realita. Kalau lulusan pendidikan vokasi lebih banyak terserap industri. Program S1 belum tentu,” ujarnya.

Purwacaraka menuturkan, penilaian kegiatan Lomba Cover Lagu Condong Pada Mimpi lebih menekankan pada kompetensi dari pada status. Apalagi para peserta bukan berasal dari musisi dan artis.

“Karya-karya para peserta cukup mengejutkan kami. Bagus-bagus sekali. Kami berharap dari kegiatan ini bisa membantu masyarakat agar lebih mengenal pendidikan vokasi,” ungkapnya.

Perlu diketahui, peserta kategori lomba cover lagu terdiri dari dua kategori yakni kategori A untuk siswa, mahasiswa, guru, dosen, dan sivitas aktif baik SMK dan Perguruan Tinggi Vokasi (PTV) dan kategori B untuk umum dan alumni vokasi.

Pemenang pertama kategori A mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp10 juta, pemenang kedua mendapatkan hadiah Rp7 juta, pemenang ketiga yakni uang tunai senilai Rp5 juta, dan pemenang keempat dan kesepuluh mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp3 juta.

Kemudian, pemenang pertama kategori B mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp20 juta, pemenang kedua mendapatkan hadiah Rp10 juta, pemenang ketiga yakni uang tunai senilai Rp5 juta, dan pemenang keempat dan kesepuluh mendapatkan hadiah uang tunai senilai Rp3 juta. (AKM)