Bhumandala Award 2020: Optimalisasi Simpul Jaringan Informasi Geospasial Dalam Satu Data Indonesia

FAZ • Friday, 27 Nov 2020 - 20:34 WIB

Jakarta - Badan Informasi Geospasial pada tahun ini kembali memberikan penghargaan kepada para penggiat inovasi bidang Informasi Geospasial tahun 2020. Pemberian penghargaan ini juga bertepatan dengan Peringatan Hari Informasi Geospasial ke-51. Penghargaan ini diberikan BIG sebagai bentuk implementasi Perpres 27 Tahun 2014 tentang Jaringan Informasi Geospasial Nasional (JIGN).

Kepala Pusat Standarisasi dan Kelembagaan Informasi Geospasial BIG Sumaryono mengatakan Bhumandala award ini sebagai penghargaan terhadap upaya membangun simpul jaringan informasi geospasial kepada Kementerian/ Lembaga dan Pemerintah Daerah yang dinilai terbaik dalam upayanya mempersiapkan diri dan membangun simpul jaringan.

“Sebagai pembina informasi geospasial, BIG memberikan penghargaan kepada para penggiat inovasi bidang Informasi Geospasial,” ujar Sumaryono di Jakarta, Jumat (27/11/2020).

“penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi bagi kementerian / lembaga, pemerintah daerah, serta seluruh aspek masyarakat dalam pemanfaatan penggunaaan Informasi Geospasial, yang memberi dampak yang besar dan positif bagi khalayak,” tambah Sumaryono.

Kegiatan penilaian kinerja simpul jaringan merupakan hal yang sangat penting. Penilaian kinerja Simpul Jaringan dilakukan dengan melihat pembangunan 5 (lima) elemen Infrastruktur Informasi Geospasial (IIG) yaitu Kebijakan, Kelembagaan, Teknologi, Standar dan Sumberdaya Manusia.

Data geospasial, selain digunakan dalam penyusunan Rencana Tata Ruang Wilayah, digunakan untuk analisis alih fungsi penggunaan lahan, juga memetakan kawasan wisata, kawasan pusat pertumbuhan, kawasan metropolitan, dan kawasan rawan bencana.

• Penghargaan dibagi menjadi lima kategori, yaitu penghargaan tingkat K/L, pemda tingkat provinsi, pemda tingkat kabupaten, pemda tingkat kota, dan kategori tambahan (khusus). Berikut penjelasan untuk masing-masing kategori:

1. Kementerian/Lembaga

Penghargaan diberikan kepada enam K/L yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

2. Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi

Penghargaan diberikan kepada enam Pemerintah Provinsi yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

3. Pemerintah Daerah Tingkat Kabupaten

Penghargaan diberikan kepada enam Pemerintah Kabupaten yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

4. Pemerintah Daerah Tingkat Kota

Penghargaan diberikan kepada empat Pemerintah Kota yang berhasil menerapkan lima elemen JIGN dalam pengembangan simpul jaringan.

5. Kategori Tambahan (Khusus)

• Geoportal Terbaik

Penghargaan diberikan kepada K/L serta Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil mengembangkan Geoportal dengan tampilan menarik, kecepatan tinggi, dan konten data lengkap.

• Pemanfaatan Simpul Jaringan Terbaik

Penghargaan diberikan kepada K/L serta Pemerintah Daerah Tingkat Provinsi dan Kabupaten/Kota yang berhasil mengoptimalkan peran Geoportalnya dalam mekanisme berbagi pakai data spasial baik dalam lingkungan internal maupun ekternal. Penilaian juga dilakukan berdasarkan konten data serta kelengkapan data lainnya (kelengkapan atribut, metadata, dan kesesuaian dengan Katalog Unsur Geografi Indonesia).