LAPOR Sleman Dapat Penghargaan Sebagai Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik 2020

MUS • Wednesday, 25 Nov 2020 - 18:31 WIB

Sleman - Bupati Sleman Sri Purnomo menerima penghargaan sebagai Pengelola Sistem Pengaduan Pelayanan Publik Terbaik dari Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) Tjahjo Kumolo di Jakarta, Rabu (25/11). 

Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB, mengungkapkan bahwa jumlah peserta tahun ini meningkat sebesar 40,7% dibanding jumlah peserta tahun 2019. Selain itu angka partisipasi IP naik 62%, sementara peserta UPP meningkat 27% dibandingkan tahun lalu. 

“Semua proses sosialisasi, registrasi, presentasi dan wawancara dilaksanakan secara daring. Ini merupakan tantangan yang besar bagi peserta maupun juri. Oleh karena itu, kami sangat mengapresiasi antusiasme peserta dan juri di tengah masa beradaptasi kebiasaan baru,” ungkap Diah Natalisa.

Banyak peserta kompetisi yang mengolah pengaduan melalui LAPOR! untuk menjadi sumber perubahan bahkan perencanaan bagi pemerintah. “Lima belas pemenang ini sudah merupakan sumber knowledge bagi pembinaan yang akan datang atau bagi pemerintahan baru hasil Pilkada. Tidak perlu mulai dari nol. Mereka bisa mempercepat reformasi birokrasi dari model yang ditemukan oleh para pemenang kompetisi ini,” tutur Eva Kusuma Sundari salah satu dewan juri yang merupakan Tim Reformasi Birokrasi Nasional.

Lapor Sleman menjadi salah satu capaian dari Sleman Smart Regency yang merupakan visi dari Bupati Sleman sebagai system pengelolaan pelayanan terbaik kepada masyarakat dan akhirnya pada tahun 2020 mendapatkan penghargaan dari pemerintah pusat.

Bupati Sleman Sri Purnomo menyampaikan penghargaan akan memacu semangat Pemkab Sleman untuk mendorong keterlibatan masyarakat dalam meningkatkan kualitas pelayanan publik. Pelayanan publik dapat mengelola pengaduan secara ideal, memaksimalkan keterlibatan masyarakat dalam monitoring dan evaluasi pelayanan publik, serta memanfaatkan data tersebut sebagai dasar pengambilan kebijakan untuk mewujudkan pelayanan publik yang lebih baik sesuai kebutuhan dan harapan masyarakat. (Ron)