Profil Edhy Prabowo: Gagal di Akabri, beralih ke Pencak Silat, hingga jadi Menteri 

MUS • Wednesday, 25 Nov 2020 - 14:41 WIB

Jakarta - Menteri Kelautan dan Perikanan (KKP) Edhy Prabowo pernah menjadi atlet Pencak Silat tingkat nasional di ajang Pekan Olahraga Nasional (PON). Karirnya sebagai atlet cukup gemilang. Ia beberapa kali tampil di kejuaraan nasional dan internasional. Namun Edhy memutuskan berhenti dari dunia silat dan beralih ke politik. 

Edhy pernah mengenyam pendidikan AKABRI di Magelang, Jawa Tengah. Ia hanya bertahan selama dua tahun setelah terkena sanksi dikeluarkan, hingga harus mengurungkan niatnya menjadi Jendral. 

Setelah keluar dari AKABRI, Edhy kemudian melanjutkan pendidikan di Fakultas Ekonomi Universitas Moestopo, setelah mendapat bantuan dari Prabowo Subianto. Saat itu Edhy juga gencar berlatih pencak silat di Perguruan Silat daerah Batujajar, Bandung, Jawa Barat. 

Setelah itu edhy melanjutkan kiprah politiknya maju sebagai anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra dan terpilih pada tahun 2009. Meski sibuknya sebagai anggota DPR, Edhy juga mengurus perguruan Silat Satria Muda dan menjalani beberapa bisnis yang ia lakoni. 

Kini nama Edhy Prabowo kembali mencuat, setelah pada Rabu dini hari (25/11/2020) diamankan KPK di Bandara Internasional Soekarno Hatta. Orang yang mempunyai hubungan dekat dengan Prabowo Subianto itu ditangkap bersama beberapa orang lainnya, sepulang dari kunjungan kerja ke Amerika Serikat. 

Kini Edhy tinggal menunggu status hukumnya , yang akan segera diumumkan KPK. (Han)