Konferensi Pers Jurgen Klopp Jelang GameWeek #9 EPL Menjamu Leicester City 

MUS • Saturday, 21 Nov 2020 - 08:27 WIB

Klopp bicara tentang kondisi terkini Mo Salah hingga kekuatan calon lawannya di akhir pekan ini, berikut rangkumannya:

1. Tentang Mo Salah: Dia terbang kembali hari ini. Ketika hasilnya sudah negatif, maka semua proses baru kembali bisa berjalan. Tidak ada yang bisa kami katakan kepada publik sejujurnya. Saya berada di Jerman musim panas kemarin. Seorang teman memindahkan pesta ulang tahunnya karena saya. 50 orang menghadiri acara itu dan di saat-saat terakhir saya memutuskan untuk tidak pergi, meskipun waktu itu di Jerman sebenarnya tidak masalah jika memang saya ingin pergi. Pernikahan adik adalah momen yang sangat spesial. Saya yakin para pemain saya sangat disiplin.

2. Tentang cedera Gomez: Operasinya berjalan sukses dan dia dalam proses pemulihan. Dia bersama keluarganya jadi dia berada di tempat terbaik untuk saat ini. Kami terus membantu sebisa kami. 

3. Tentang Hendo dan TAA: Hendo dan TAA jelas tidak bisa. Untuk yang lainnya nanti kita lihat lagi. Thiago dan Fabinho dalam kondisi yang terus membaik. Begitu juga dengan Ox. Nanti kita lihat apakah mereka cukup mampu untuk turun akhir pekan besok. 

4. Tentang Leicester: Tahun lalu mereka menunjukkan bagaimana mereka bisa bermain sangat bagus. Mereka sedikit mengubah gaya bermain mereka. Mereka juga mampu menangani masalah cedera pemain dengan baik. Mereka penantang yang baik dalam hal apapun. 

5. Tentang Vardy: Kecepatan adalah ancaman utama. Dia bisa memanfaatkan itu dengan sangat luar biasa. Dia ancaman besar. Kemampuan teknisnya juga sangat baik. Jamie adalah pemain yang sangat baik. Bertahan melawan dia adalah sebuah tantangan besar.

6. Tentang menjadi pemimpin: Skill terbesar yang dibutuhkan? Mendengar. Saya tidak tahu bagaimana seseorang bisa mengambil keputusan jika mereka tidak mendengar. Tapi ada banyak orang juga yang mengambil keputusan tanpa mendengar, terutama politisi.

7. Tentang jeda internasional: Kemarin adalah situasi yang sulit untuk semua orang. UEFA harus menunda Euro di musim panas. Saya tidak menyalahkan pelatih manapun atas cedera yang terjadi. Ya memang seperti ini situasi yang harus kami hadapi. Hal itu tidak berubah. Sekarang kami akan menjalani periode paling intens tanpa sepak bola internasional. Kami akan bermain tiga hari sekali. 

8. Tentang pemain muda: Masih ada jarak antara pemain U23 dengan pemain tim utama. Kami tidak bisa training bersama U23 sebagaimana kami biasanya, namun seharusnya bagaimana kami menjalani training bisa mereka contoh dalam trainingnya mereka. Dari yang sudah berjalan sejauh ini, anak-anak yang datang tahu apa yang harus mereka lakukan. Nat dan Rhys menjalani pertandingan dengan sangat baik. Kami sangat bersyukur ada banyak talenta-talenta muda di sekitar kami dan kami membuka pintu selebar mungkin. 

9. Tentang cedera: Tidak ada musim di mana kami tidak memiliki masalah dengan cedera pemain. Ketika yang cedera bermain di posisi yang sama, itu yang kemudian menjadi hal yang sulit. Tapi ini bukan saatnya untuk mengasihani diri sendiri. Kami hanya menjalani pertandingan demi pertandingan. Begitu ada yang cedera maka kami sudah berada di tahap bahwa kami harus mencari solusi. 

10. Tentang tim: Kami adalah satu unit yang utuh. Semakin banyak masalah yang kami hadapi, maka semakin dekat kebersamaan kami. Kami tidak akan mengeluarkan banyak alasan. Tentu kami tidak menyukai situasi ini karena ini adalah situasi yang sulit bagi mereka yang mengalami cedera, tapi sisanya, berarti kami harus mencari solusi. Kami bahkan baru bermain 8 pertandingan. Para pemain saya tidak perlu membuktikan apapun. Kami bisa menghadapi situasi sulit dengan baik. Jika ada yang menyerah hanya karena kami kehilangan beberapa pemain terbaik kami, maka saya tidak bisa membantu Anda. Anda mungkin menyerah, namun kami tidak.
============

Reported and translated by: #AyundaZikrina