Peringatan Hari Anak Sedunia, UNICEF Soroti Dampak Perubahan Iklim terhadap Pemenuhan Hak Anak

MUS • Friday, 20 Nov 2020 - 18:42 WIB

Jakarta - memperingati hari anak sedunia yang jatuh pada Senin hari ini,  Organisasi Anak Dunia (UNICEF) memberi perhatian lebih pada dampak yang diterima anak akibat perubahan iklim.

Alasan UNICEF menyoroti perubahan iklim karena menyangkut segala aspek, terutama aspek kesehatan dan kesejahteraan anak yang menjadi pekerjaan rumah semua pihak.

Pada talkshow Ngobar MNC Trijaya, Jumat (20/11/2020), Duta Nasional UNICEF Indonesia, Nicholas Saputra mengatakan bahwa perubahan iklim sangat berpengaruh terhadap anak, salah satunya soal kesehatan.

"Indonesia ini negara yang cukup rentan terhadap bencana perubahan iklim. Ini sangat mempengaruhi kesehatan anak anak. Lalu perubahan iklim akan menciptakan penyakit malaria dan demam berdarah, tentu ini sangat mengancam kesehatan dan juga kesejahteraan anak," ujar Nicho.

Banyak sudah yang dikerjakan UNICEF, terutama untuk memenuhi hak anak terhadap kebutuhan pangan, akses air bersih dan udara yang baik.
Nicho juga mengatakan bahwa masih banyak tantangan terhadap kesejahteraan anak. Hal itu bisa diatasi jika semua pihak mau berkerja sama mengatasi masalah ini.

"Jadi memang ini menjadi sebuah permasalahan yang banyak pihak perlu soroti dan kita perhatikan," kata Nicholas. (Han)