Penuhi Kebutuhan Industri di Tangsel, PLN Operasikan Jaringan Transmisi 150 kV dan Gardu Induk 2 x 60 MVA

MUS • Tuesday, 17 Nov 2020 - 10:07 WIB

Depok - Guna menopang kebutuhan masyarakat, bisnis dan industri, PLN terus meningkatkan keandalan listrik di seluruh tanah air. PLN kembali berhasil merampungkan pembangunan jaringan transmisi bertegangan 150 (kilo Volt) kV Pondok Indah Incomer dan Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Pondok Indah II/Cirendeu Incomer. 

Jaringan transmisi yang bernilai investasi sebesar Rp 170 Miliar ini akan menyalurkan energi listrik melalui Gas Insulated Switchgear (GIS) 150 kV Pondok Indah dan Gardu Induk (GI) 150 kV Gandul.

“Dengan beroperasinya jaringan transmisi dan GIS ini, listrik yang kian andal akan segera dinikmati oleh masyarakat serta industri di Jakarta dan sekitarnya, utamanya di area Tangerang Selatan,” jelas General Manager PLN Unit Induk Pembangunan Jawa Bagian Barat (UIP JBB), Ratnasari Sjamsuddin. Menurutnya, PLN menyambut baik pertumbuhan pesat ekonomi dan industri di wilayah Tangerang Selatan melalui penyediaan infrastruktur kelistrikan yang kian andal. 

Saat ini di Tangerang Selatan, terdapat industri pembangunan retail dan properti seperti Pertokoan South City, Apartemen Green Lake View, Baileys Lagoon, Apartemen Izzara, Sima Office, The Spring Residences, Altera Residence, Tokyoland serta kebutuhan industri lainnya dengan potensi kebutuhan listrik sebesar 24,1 Mega Volt Ampere (MVA). Hal ini sesuai dengan kebutuhan pasokan listrik yang terus meningkat di Tangerang Selatan. 

Perlu diketahui, GIS 150 kV Pondok Indah II/Cirendeu memiliki kapasitas sebesar 2 x 60 MVA. Ketersediaan kapasitas ini dapat dioptimalkan bagi kebutuhan listrik masyarakat serta industri setempat.

Melalui pengoperasian infrastruktur ketenagalistrikan ini, PLN berpotensi memperoleh pendapatan sebesar Rp 263 Milyar per tahun atau Rp 721 juta rupiah per hari. 

Penataan taman di Area Jaringan Transmisi

Tak hanya itu, pengoperasian jaringan transmisi kali ini juga dilengkapi dengan kegiatan penyelamatan lingkungan penataan taman di area pembangunan. PLN berharap kegiatan ini dapat berdampak positif bagi lingkungan dan masyarakat setempat. 

“Sudah menjadi komitmen PLN selain mengemban tugas untuk membangun infrastruktur kelistrikan yang handal dan pasokan listrik kian terjaga, kami juga berkomitmen terhadap lingkungan. Hal ini kami wujudkan dengan kegiatan penataan taman di sekitar lokasi Gardu Induk dan jaringan transmisi, tentu saja penanaman sudah kami sesuaikan dengan standart aman jaringan dan tidak mengganggu ROW atau jalur transmisi. Harapannya masyarakat juga menyadari bahwa pembangunan infrastruktur ini aman bagi lingkungan sekitar,” pungkas Ratnasari Sjamsuddin.