Perkuat Ketrampilan, Kemendikbud Gelar Unjuk Karya dan Kompetensi Vokasi Indonesia

AKM • Monday, 16 Nov 2020 - 22:52 WIB

Jakarta - Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) terus menggiatkan percepatan terwujudnya “link and match”, salah satunya adalah dengan menggelar program “Unjuk Karya/Kompetensi Vokasi (V-Factor) Indonesia”. Program tersebut merupakan perwujudan ruang inkubasi, ruang ekspresi, ruang fasilitasi, dan ruang apresiasi bagi peserta didik vokasi yang inovatif dan kreatif. 

“Dengan gelar unjuk karya dan kompetensi vokasi Indonesia atau V-Factor diharapkan dapat merespons stigma masyarakat tentang pendidikan vokasi, serta mendorong percepatan lahirnya tenaga-tenaga terampil dan ahli di bidangnya yang siap menghadapi era revolusi industri 4.0,” kata Direktur Jenderal Pendidikan Vokasi, Wikan Sakarinto, pada peluncuran program V-Factor, secara virtual di Jakarta, Senin (16/11).

V-Factor Indonesia adalah sebuah program yang dilaksanakan dalam rangka menunjukkan kepada publik karya dan kompetensi terbaik peserta didik vokasi, sehingga menciptakan kebanggaan kepada seluruh peserta didik vokasi bahwa vokasi sama baiknya dengan pendidikan umum lainnya. Selain itu, digelarnya V-Factor Indonesia sebagai upaya meyakinkan dunia usaha dan dunia industri bahwa peserta didik vokasi handal dan siap menghadapai dunia kerja.

“Dengan adanya kegiatan V-Factor ini akan semakin menumbuhkan kecintaan dan rasa bangga terhadap pendidikan vokasi di Indonesia. Sehingga cita-cita ‘Vokasi Kuat, Menguatkan Indonesia’ akan terwujud,” tegasnya.

Di tahun ini, ada 132 orang peserta didik vokasi yang menghasilkan 31 karya dan akan berkompetensi padabidang manufaktur, konstruksi, hospitality, care service, hingga industri kreatif.

Menyesuaikan dengan situasi pandemi, V-Factor akan disiarkan melalui kanal youtube milik Ditjen Pendidikan Vokasi. “Kami harap, dukungan dan komitmen berbagai pihak, dapat membuat pelaksanaan V-Factor berjalan dengan sebaik-baiknya, dan memenuhi prinsip transparan dan akuntabel,” pesan Wikan.

V-Factor Indonesia tahun ini diselenggarakan dalam beberapa bentuk kegiatan, yakni: Pendampingan, Fasilitasi dan publikasi, Webinar serta Apresiasi vokasi. (AKM)