BKKBN Bersama Pemkab Sleman Wujudkan Generasi Unggul 

MUS • Monday, 16 Nov 2020 - 16:54 WIB

Sleman – Pemkab Sleman berkomitmen untuk mewujudkan masyarakat Sleman yang lebih Sejahtera, Mandiri, Berbudaya dan Terintegrasikannya sistem E-government menuju Smart Regency pada tahun 2021. Visi Kabupaten Sleman ini dapat diwujudkan dengan meningkatkan derajat hidup masyarakat, yang diawali dengan membangun dan mewujudkan keluarga yang produktif, berkualitas, serta sejahtera.

Hal tersebut disampaikan oleh Bupati Sleman, Sri Purnomo, dalam sambutannya pada acara Sosialisasi Pembangunan Keluarga dan Keluarga Berencana (Banggakencana) Bersama Mitra Kerja DIY, pada hari Senin  (16/11), di Balai Kelurahan Argomulyo, Cangkringan, Sleman.

“Saat ini apabila kita melihat realita disekitar kita, ada kasus-kasus dimana dampak dari hubungan seksual pra nikah yang akhirnya menyebakan kehamilan yang tidak diinginkan. Kemudian diikuti efek negatif yang berantai, seperti status kesehatan fisik yang rendah, stres, malu, drop out dari sekolah. Hingga, anak yang dilahirkan mengalami keterlambatan perkembangan intelektualitas dan juga masalah sosial lainnya,” ujarnya.
 
Hal serupa disampaikan Sekretaris Utama BKKBN RI, Tavip Agus Rayanto, M.Si. Menurutnya Penyiapan Kehidupan Berkeluarga bagi Remaja (PKBR), atau edukasi terhadap generasi remaja pra nikah sangat lah penting. Pasalnya, generasi masa depan yang unggul dapat diwujudkan salah satunya melalui pembinaan calon orang tua, supaya bisa lebih bertanggung jawab dan memiliki kualitas hidup yang lebih baik.
 
Selain sosialisasi, pada kesempatan tersebut juga dilakukan bakti sosial berupa pembagian sembako kepada masyarakat. Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Perwakilan BKKBN DIY, Ukik Kusuma Kurniawan, Wakil Ketua DPRD DIY, Huda Tri Yudiana, serta sejumlah pimpinan OPD terkait di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sleman.

Kegiatan sosialisasi ini, salah satu agendanya adalah pembagian paket sembako dan PKBR Kit atau Media Informasi seputar penyiapan kehidupan berkeluarga bagi remaja, ada sebanyak 180 paket sembako dan PKBR Kit yang dibagikan dengan rincian 100 paket untuk wilayah kabupaten Sleman utamanya di Kapanewon Cangkringan, berkaitan juga membantu dimasa pandemi covid-19. (ron)