Pandemi Covid-19, Festival Tanjung Kelayang 2020 Dibuka Dengan Protokol Kesehatan Ketat

ANP • Monday, 16 Nov 2020 - 08:21 WIB

BELITUNG - Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif dan Dinas Pariwisata Kabupaten Belitung, Propinsi Bangka Belitung kembali menggelar event pariwisata berskala nasional.

Festival Kelayang yang masuk kalender pariwisata tahunan ini secara resmi dibuka di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung dan akan berlangsung mulai 15-19 November 2020.

Sekretaris Deputi Bidang Produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan (Events) Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Edy Wardoyo mengatakan ditengah wabah pandemi covid19 pelaksanaan Festival Tanjing Kelayang 2020 sudah melalui pertimbangan yang sangat matang dan memperhatikan pelaksanaan protokol kesehatan secara ketat.

"Walaupun Kabupaten Belitung angka kasus positif covid19 sangat rendah tetapi pelaksanaan Festival Kelayang ke-3 tahun ini tetap prioritas utama mengutamakan protokol kesehatan," kata Edy di Belitung, Minggu (15/11/2020)

Edy menambahkan Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Belitung memberikan edukasi dan imbauan-imbauan kepada masyarakat di Kabupaten Belitung untuk tetap patuh dan melaksanakan protokol kesehatan.

"Edukasi kepada seluruh masyarakat terus dilakukan guna mencegah penularan penyebaran covid19 ditengah pembukaan event Festival Kelayang 2020," ujar Edy.

Sementara itu Bupati Kabupaten Belitung H.Sahani Saleh, S.Sos mengatakan, Festival Tanjung Kelayang sudah ditetapkan sebagai kalender event nasional oleh Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Menurut Sahani setelah melakukan evaluasi yang sangat panjang dan pandemi covid19 belum juga hilang namun pelaksanaan FTK 2020 yang rutin digelar setiap tahun harus berlangsung dengan aturan khusus.

"Semua pihak khususnya sektor pariwisata harus bangkit dan bergerak bersama dengan penegakkan protokol kesehatan, sehingga diharapkan bisa menumbuhkan kembali pariwisata Belitung dari dampak pandemi Covid-19" ujar Sahani.

Sahani menambahkan bahwa acara ini sudah masuk dalam 100 Calendar of Events Wonderful Indonesia 2020 oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Diharapkan festival tersebut akan banyak mendatangkan kunjungan wisatawan.

"Dengan banyaknya gelaran event dalam Festival Tanjung Kelayang 2020 kami optimis kondisi ekonomi di daerah tersebut akan bangkit," tegas Sahani.

Festival Tanjung Kelayang 2020 akan berlangsung selama 3 hari dengan berbagai Festival budaya dan pentas tari serta berbagai perlombaan lari serta melakukan pelepasliaran ratusan tukik penyu di Pantai Tanjung Kelayang, Belitung. (ANP)