Transaksi Perbankan Lebih Aman dengan Motion dari MNC Bank, Simak Fitur-Fiturnya!

MUS • Friday, 13 Nov 2020 - 08:11 WIB

Jakarta – Teknologi yang terus berkembang pesat telah menghadirkan dimensi baru dalam kehidupan sehari-hari. Kini, transaksi perbankan dapat dilakukan di luar cabang suatu bank.

Mulai dari ATM di berbagai lokasi, EDC di berbagai tempat belanja, hingga aplikasi perbankan di telepon selular. 

Hal itu tentu saja memberikan tantangan tersendiri, terutama dari sisi kemudahan dan kenyamanan pengguna serta keamanan yang harus terus dijaga.

Bahkan, berbagai aplikasi terkini, seperti Motion dari MNC Bank memungkinkan kita melakukan dan mengetahui berbagai aktivitas transaksi perbankan dimana saja dan kapan saja. Motion sebagai integrated banking solution memberikan lebih dibandingkan aplikasi perbankan lainnya. Karena dengan menggunakan Motion, nasabah MNC Bank dapat mengelola, baik simpanan, seperti tabungan dan juga kartu kredit secara aman hanya dengan satu aplikasi.

“Keamanan adalah salah satu hal utama yang ditawarkan Motion, dengan hide and show saldo rekening, biometric login dan notifikasi realtime, maka nasabah dapat yakin akan keamanan dana yang dikelola bank,” ujar Digital Banking Group Head MNC Bank Parman Suparman saat dihubungi Kamis (12/11/2020).

Parman menerangkan bahwa dengan hide and show saldo rekening berguna saat nasabah hendak menggunakan Motion ditengah keramaian, sehingga saldo nasabah tidak dapat terlihat oleh orang lain. 

Selanjutnya, dengan biometric login, akses dan transaksi pada aplikasi Motion menjadi lebih aman dan personal karena menggunakan sidik jari maupun wajah nasabah.

Selain itu, nasabah dapat memanfaatkan fitur notifikasi realtime melalui aplikasi Motion, sehingga nasabah MNC Bank dapat mengetahui seketika setiap transaksi baik mutasi rekening simpanan, pembelanjaan dan pembayaran kartu kredit dan debit. Bila terjadi hal mencurigakan, dapat segera melaporkan kepada bank dan lebih cepat ditangani.

Keamanan pada suatu produk dan jasa perbankan juga kian terjamin seiring kemajuan teknologi dan infrastruktur perbankan. Hal tersebut dipaparkan Information Technology Group Head MNC Bank Paulusman Wibowo. 

Paul, panggilan akrab Paulusman, melanjutkan bahwa untuk dapat menawarkan suatu inovasi berbasis teknologi kepada masyarakat, maka Bank harus melalui berbagai mitigasi risiko sesuai dengan regulasi yang tercantum dalam Peraturan Otoritas Jasa Keuangan Nomor 38/POJK.03/2016 tentang Penerapan Manajemen Risiko dalam Penggunaan Teknologi Informasi oleh Bank Umum dan atas persetujuan regulator.

Keamanan dari infrastruktur diuji tidak hanya saat melakukan transaksi, tetapi juga bagaimana bila terjadi gangguan eksternal seperti bencana alam. 

“Kami menerapkan mitigasi yang berlapis, sehingga bila terjadi gangguan pada sistem utama, maka transaksi dapat berjalan normal dan aman tanpa mengganggu kenyamanan nasabah. Keamanan dan kenyamanan nasabah dalam bertransaksi adalah hal utama bagi MNC Bank, karena dua hal tersebut fundamental dalam menjalin bisnis berbasis kepercayaan,” pungkas Paul.