Indonesian Idol Special Season Siap Hibur Masyarakat di Tengah Pandemi

MUS • Thursday, 12 Nov 2020 - 22:39 WIB

Jakarta - Indonesian Idol Special Season akan kembali hadir menyapa pemirsa setia RCTI. Seperti apa keseruan dan talenta yang akan lahir menjadi idola Indonesia dalam ajang pencarian bakat yang digelar di tengah pandemi ini?

Belum hilang dari ingatan kita pada Maret lalu ketika nama Lyodra didaulat menjadi juara satu Indonesian Idol, disusul Tiara Andini dan Ziva Magnolya yang perlahan namun pasti telah menjelma menjadi penyanyi idola masyarakat. Dalam waktu yang terbilang singkat, RCTI kembali menggelar Indonesian Idol. Terlebih ajang ini digelar di tengah pandemi, tentu menjadi tantangan tersendiri bagi RCTI, tim juri, dan semua pihak yang terlibat.

Programming & Acquisition Director RCTI Dini Putri mengatakan, sejatinya Indonesian Idol tak dirancang untuk digelar pada akhir tahun ini. Namun, lantaran melihat antusiasme masyarakat, ajang ini diputuskan untuk kembali diadakan.

Dini mengakui, adanya keterbatasan dalam audisi online seperti yang diberlakukan sekarang membuat penilaian terhadap calon peserta tidak maksimal.

"Bisa saja ketika nyanyi online kurang bagus, namun saat ketemu langsung dia bagus dan menarik, begitu pun sebaliknya," ujar Dini dalam jumpa pers virtual Indonesian Idol Special Season, Kamis (12/11).

Head of Production Operation RCTI Fabian Dharmawan menambahkan, Indonesian Idol Special Season merupakan perjalanan yang cukup sulit, tapi memuaskan hasilnya.

”Keadaan sekarang kalau dari sisi produksi memberi tantangan sendiri di mana sejak audisi hingga nanti babak Spektakuler penonton dibatasi dan harus mengikuti rekomendasi tim Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19. Kita tetap kerjakan itu. Jadi industri musik tetap jalan tanpa merusak tatanan yang diberikan pemerintah,” tutur Fabian.

Salah satu juri, Ari Lasso, mengatakan, tiap season punya standar tersendiri sehingga jangan berharap akan lahir The New Marion Jola atau Lyodra. "Sebab kita tidak pakai standar sebelumnya. Setiap season Idol selalu ada magic tersendiri. Di sini kita akan dapat sesuatu yang spesial, apalagi dengan kehadiran Rossa serta Judika, satu-satunya peserta Idol yang bisa jadi juri, Anang serta Maia," beber Ari.

Anang Hermansyah menilai, industri musik sekarang dipenuhi anak muda yang semakin kreatif. Sementara Maia meramalkan penyanyi laki-laki kali ini akan banyak bersinar, meski harus bersaing dengan kontestan wanita. “Sejujurnya kita kekeringan idola lelaki tahun ini," ujar Maia.

"Persaingan cowok dan cewek sama kuat. Mudah-mudahan ajang ini menghasilkan penyanyi baru yang punya vokal dan karakter bagus,” timpal Judika.

Adapun Rossa yang menjadi wajah baru di deretan juri mengaku, senang dengan proses sekaligus menjadi saksi keberhasilan idola baru yang akan lahir.

Indonesian Idol Special Season yang dipandu Boy William akan mulai tayang di RCTI pada 16 November 2020, setiap Senin dan Selasa pukul 21.00 WIB. Acara ini bukan hanya segar dan akan menghibur masyarakat Indonesia, tetapi juga menjadi saksi kerasnya perjuangan serta perjalanan calon idola Indonesia.