Masa Pandemi, Pasar Alat Pembeku Makanan Makin Kompetitif

MUS • Thursday, 12 Nov 2020 - 09:36 WIB

Surabaya - Pemegang merek elektronik alat rumah tangga (home appliance) Artugo PT Kreasi Arduo Indonesia  optimis market share pasar elektronik di Indonesia akhir tahun ini masih tetap menjanjikan. Menurut CEO PT Kreasi Arduo Indonesia Robert Widjaja, pasar home appliance di saat pandemi Covid-19 masih memiliki peluang besar. Apalagi saat ini, masyarakat maupun pelaku wirausaha khusus yang bergerak seafood banyak membutuhkan peralatan elektonik chest freezer. Untuk itu kata Robert Widjaja, pihaknya telah memproduksi beberapa varian chest freezer Artugo dengan harga terjangkau.

“Kami optimis pangsa pasar chest freezer masih memiliki peluang. Apalagi sejak peluncuran produk perdana kali diakhir bulan Juni lalu permintaan cukup tinggi. Saat ini, kami sudah memiliki 64 dealer di lima wilayah, yakni Jakarta, Semarang, Kediri, Surabaya, dan Makassar. Ke depan, Artugo akan menperluas jangkauan pemasaran ke lima kota lain, yakni Banjarmasin, Samarinda, Denpasar, Yogyakarta, dan Bandung,” tegas Robert Widjaja pada media di Surabaya, Selasa (11/11/2020)

Robert sapaannya mengungkapkan, produk chest freezer Artugo memiliki beragam keunggulan, seperti menggunakan Pre-Coated Material (PCM) sebagai bahan kabinet dalam sehingga lebih kuat, tahan gores, anti karat, dan mudah dibersihkan. 

Artugo juga melakukan terobosan dengan mengembangkan Wide Range Voltage Compressor yang mampu tetap bekerja optimal di tengah kondisi tegangan listrik yang tidak stabil dari 160 hingga 260 Volt, sehingga produk chest freezer pun lebih awet.

Selain itu pula dia menjelaskan, inovasi Wide Range Voltage Compressor telah ditanamkan di sebagian besar tipe produk chest freezer Artugo di antaranya CF 381, CF 382, CF 432, CF 532, CF 632, CF 682, CF 782, CF 1603, dan CF 1633, seluruh SNI Model dari 100 liter hingga 300 liter, serta seluruh Showcase Cooler 1 pintu. Artugo akan menanamkan teknologi ini ke dalam tipe-tipe produk chest freezer terbaru.

Robert mengungkapkan, pihaknya menargetkan penjualan produk chest freezer hingga 20 ribu unit di tahun ini dan meningkat menjadi 50 ribu unit pad tahun 2021. Meski saat ini kebanyakan konsumennya adalah pengusaha, Robert menargetkan ke depan pembeli individual Artugo akan mencapai 70% dari total pembeli. Pasalnya, Artugo tidak hanya menyediakan hot product seperti kompor dan water heater, serta cold product seperti freezer, tetapi juga hygiene product, seperti alat disinfektan dan vacuum cleaner.

Sementara itu Branch Manager PT Kreasi Arduo Indonesia cabang Surabaya, Suryadarma  mengatakan, untuk pangsa pasar wilayah  kota Surabaya saat ini terbilang membaik. Hingga saat ini kata dia, presentasi marker share sudah mencapai 30 hingga 35 % dan menargetkan penjualan sekitar 700 unit per bulan.

“Hal ini dikarenakan kami sudah didukung dengan  6 daeler resmi produk chest freezer Artugo di Jatim. Soal target, tentunya kami akan menargetkan lebih tinggi. Sementara untuk harga kami bandrol Rp 2 juta hingga Rp 20 juta untuk kapasitas 100 liter hingga 1.600 liter. Harga produk kami mungkin sama dengan produk sejenis dari produsen lain, tapi kami menawarkan produk yang premium,” pungkasnya. (Her)