PMI Kerahkan Dua Unit Hagglund Bantu Penanganan Erupsi Merapi 

MUS • Tuesday, 10 Nov 2020 - 15:22 WIB

Jakarta - Palang Merah Indonesia (PMI) mengerahkan dua unit kendaraan taktis Hagglund, ke lokasi yang terdampak bencana erupsi Gunung Merapi di wilayah Yogyakarta dan Jawa Tengah.

"Kendaraan taktis ini kami kerahkan untuk menuju lokasi-lokasi yang sulit dilalui kendaraan biasa, seperti daerah teriisolasi akibat dampak erupsi dan lainnya," kata Sekretaris Jendral PMI Pusat Sudirman Said, Selasa (10/11).

Menurutnya, kendaraan Hagglund dikerahkan untuk memudahkan para personel PMI yang tengah bertugas di lokasi terdampak erupsi Gunung Merapi dalam proses evakuasi.

Selain itu, kendaraan taktis ini pun sudah dikenal dengan ketangguhannya dalam segala medan dan selalu diturunkan saat terjadi bencana besar seperti gempa, tsunami dan likuifaksi di Sulawesi Tengah maupun banjir bandang di Kabupaten Sukabumi, Jabar.

Lanjut dia, Hagglund ini digunakan tidak hanya untuk membuka jalan dan menembus daerah terisolasi, tetapi juga untuk mendistribusikan berbagai bantuan ke berbagai titik lokasi.

"Tidak hanya kendaraan taktis yang kami kerahkan, tetapi dua unit truk tangki air bersih pun kami terjunkan untuk memasok air bersih ke berbagai titik khususnya pengungsian, karena seperti diketahui saat terjadi bencana alam persediaan air bersih sangat terbatas," tambahnya.

Sementara, Bagian Logistik PMI Pusat Ilham Huznul atau akrab disapa Baim mengatakan pada proses penanggulangan bencana erupsi Gunung Merapi ini PMI mengerahkan masing-masing dua unit kendaraan taktis Hagglund dan truk tangki air bersih.

Kendaraan tersebut disebar ke wilayah terdampak bencana erupsi di Yogyakarta dan Jateng. Di sisi lain, bantuan tahap pertama pun sudah didistribsikan berupa hazmat, face shield dan masker bedah. (Mus)