Destinasi Wisata Sleman Dibuka Secara Terbatas 

MUS • Monday, 9 Nov 2020 - 13:47 WIB

Sleman - Pasca naiknya status Gunung Merapi di wilayah Sleman, DI Yogyakarta, Dinas Pariwisata Sleman mengeluarkan himbauan kepada pengelola obyek wisata di sekitar lereng Gunung Merapi, meliputi kawasan Kaliurang dan beberapa destinasi di wilayah Cangkringan selain Bukit Klangon, Bunker Kaliadem, Kinahrejo (petilasan Mbah Maridjan), dan wisata Religi Bukit Turgo, dibuka secara terbatas. 

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Pariwisata Sleman, Suci Iriani Sinuraya mengatakan selain dibuka  terbatas, destinasi di lereng Merapi Buka juga harus menerapkan protokol kesehatan pencegahan Covid-19. Tidak hanya pengecekan suhu tubuh pengunjung, cuci tangan, dan memakai masker, tapi juga pembatasan pengunjung maksimal 50% dari carrying capacity/ daya dukung untuk pengkondisian jaga jarak.

Para pengelola destinasi pariwisata di lereng Merapi yang diizinkan beroperasional saat ini diminta untuk lebih memperhatikan SOP destinasi di kawasan lereng Gunung Merapi terkait antisipasi dalam kondisi darurat, dengan menata parkir kendaraan wisatawan menghadap akses keluar atau jalur evakuasi.  

"Wisatawan yang berkunjung di kawasan lereng Merapi juga dihimbau tetap waspada dan meningkatkan kesiapsiagaan pribadi dan keluarga dengan memperhatikan jarak aman dengan Merapi sejauh 5 Km, yang dapat dicek dengan aplikasi Jarak Aku dan Merapi," Suci Iriani. (Ron)