Pemkab Sleman Terima Aplikasi e-Arsip SRIKANDI dari ANRI

Mus • Thursday, 5 Nov 2020 - 16:11 WIB

Sleman - Pemerintah Kabupaten Sleman menerima aplikasi e-arsip dengan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis (SIKD) dari Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Penyerahan ini dilakukan oleh Direktur Kearsipan Daerah II ANRI, Amieka Hasraf kepada Bupati Sleman Sri Purnomo di Ruang Sembada Komplek Setda Sleman, Kamis (5/11).

Aplikasi Srikandi atau Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN), dan Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI). Aplikasi tersebut bersifat Government to Government (G2G), sehingga dimanfaatkan oleh instansi pusat maupun daerah.

“Tanpa adanya kesadaran dalam mengelola arsip dengan baik, maka kita akan mengalami banyak hambatan dan kesulitan dalam melaksanakan tugas sehari-hari," kata Sri Purnomo. 

Ia mendorong kepada seluruh perangkat daerah di lingkungan Pemkab Sleman untuk segera menerapkan e-arsip terintegrasi tersebut. Terutama, karena pada akhir tahun 2020 ini sebanyak 48 perangkat daerah, termasuk Kapanewon atau Kecamatan di Kabupaten Sleman telah mengimplementasikan Sistem Informasi Kearsipan Dinamis. (Ron)