Siap-siap Macet, Jakarta Dikepung dua Demo Besar 

Mus • Monday, 2 Nov 2020 - 07:24 WIB

Jakarta - Dua aksi besar akan berlangsung di Jakarta hari ini. Persaudaraan Alumni (PA) 212 bersama dengan sejumlah organisasi Islam lainnya, berencana menggelar aksi unjuk rasa di depan kantor Kedutaan Besar (Kedubes) Prancis, Jakarta Pusat.

Gabungan ormas Islam menggelar demo untuk mengecam sikap sekaligus pernyataan Presiden Prancis, Emmanuel Macron. Sebab, sikap dan pernyataan Macron dianggap telah menghina umat Islam dan Nabi Muhammad SAW.

"Iya Insya Allah PA 212 akan turun, ikut, dan mempelopori bahkan gelar aksi di depan Kedubes Prancis," kata Jubir PA 212, Haikal Hassan.

Sementara itu buruh yang tergabung dalam Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) juga akan turun ke jalan. Aksi ini merespons terbitnya Surat Edaran Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah mengenai upah minimum tahun 2021 tidak naik, juga tetap menyuarakan penolakan terhadap Omnibus Law Undang-undang Cipta Kerja.

"Dalam waktu dekat, yang akan dilakukan KSPI dan buruh Indonesia adalah melakukan aksi puluhan ribu buruh pada tanggal 2 November di Depan Istana dan Mahkamah Konstitusi," kata Presiden KSPI Said Iqbal, akhir pekan kemarin. 

Titik kumpul aksi di Patung Kuda Indosat sekitar pukul 10.30 WIB, dengan jumlah massa ditaksir mencapai 5 ribu orang.