20  Talenta Muda Terbaik Indonesia Bermain di Liga Kroasia

AKM • Friday, 30 Oct 2020 - 13:47 WIB

Jakarta - Komitmen untuk mengirim talenta sepak bola terbaik di Indonesia ke level dunia, terus dilakukan oleh Vamos Indonesia. Meski pandemi Covid-19 telah mempengaruhi seluruh aspek takterkecuali olahraga, Vamos Indonesia tetap berupaya untukmengirim anak-anak Indonesia agar bisa bermain di Liga-Liga Eropa. 

Setelah empat musim kompetisi sebelumnya senantiasa ke Spanyol, untuk musim 2020-2021 ini, Vamos Indonesia memberangkatkan 20 anak Indonesia berusia 17-20 tahun ke kroasia.  20 anak itu didapat dari hasil seleksi serta pengamatan langsung terhadaptalenta muda terbaik dari turnamen Liga Top Skor, PialaSoeratin serta Tim Pelajar Indonesia.

20 pemain itu diantranya 15 pemain Vamos Indonesia yang masih berusia 17 dan 18 tahun, akan berlatih di Klub HNK Zadar untuk mengasah kemampuansepak bola mereka. Zadar, sebagai kota kelahiran Luka Modrić, pemain Real Madrid saat ini, dipilih sebagai home base timVamos Indonesia selama berada di Kroasi hingga Juni tahundepan.

Founder Vamos Indonesia, Fanny Riawan menyatakan bahwatantangan yang harus dihadapi di dunia olahraga saat ini kianberat, akibat terkena dampak pandemi Covid-19, namun selaluada jalan untuk mencari peluang. 

“Tahun ini adalah tahunterberat khususnya bagi anak-anak Indonesia yang di musim lalusudah bisa bersaing di kompetisi liga-liga Spanyol. Musim lalu, Vamos Indonesia telah mengirim 28 anak bermain di wilayah Palencia (Castilla de Leon-Madrid), Palamos (Catalunia-Barcelona) dan Ceuta di Andalusia. Selain itu 2 anak lain sempat mencicipi iklim kompetisi Divisi Dua India. Namunsejak awal pandemi merebak, seluruh anak Indonesia, telahkami pulangkan dengan selamat ke rumah masing-masing,” kata Fanny.   

Sebelum menjajaki kerjasama di satu negara, Vamos Indonesia selalu menekankan pentingnya anak Indonesia untuk bisabermain di liga resmi sebagai syarat utama. 

"Sebenarnya kalaumasalah talenta dan bakat, anak-anak Indonesia tidak pernahkalah dan mampu bersaing dengan pemain luar. Namun halyang membedakan adalah, pemain luar itu terbentuk lewatkompetisi yang bagus dan berjenjang, sehingga memunculkanfighting spirit, mental serta attitude yang lebih baik," imbuhnya.

Menurut Fanny,  basis tim yang kuat adalah hasil dari pemain yang pintar dan juga kuat melalui permainan di liga secara rutin.

“Basis tim yang kuat, adalah hasil dari pemainyang pintar dan kuat karena bermain di liga secara rutin tiapminggu. Hanya lewat bermain rutin lewat liga dengan mengejarhukum 10.000 jam, maka output pemain pintar dan kuat bisadihasilkan. Semua butuh proses dan tidak ada Jalan pintas.” teas Famny.

Selain berlatih dan mengembangkan kemampuan sepak bola bersama klubnya masing-masing, 20 pemain Vamos Indonesia ini juga menyiapkan diri untuk mengikuti sejumlahpertandingan persahabatan maupun beberapa turnamen di Eropayang digelar kembali mulai tahun depan, antara lain Mediterranian International Cup (MIC) yang berlangsung 30 Maret-5 April 2021 di Costa Brava, Spanyol dan Gallini Cup di Italia pada akhir April 2021.  (AKM)