PMI Bantu Wastafel Portabel dan Paket PHBS untuk Pondok Pesantren

Mus • Friday, 23 Oct 2020 - 19:02 WIB

Batang - Pondok pesantren menjadi salah satu perhatian serius untuk mengurangi dampak penyebaran virus Corona. Palang Merah Indonesia (PMI) hingga saat ini masih terus menggencarkan pengurangan risiko virus covid dengan melakukan penyemprotan desinfektan, sosialisasi penggunaan masker dan kampanye cuci tangan di seluruh Indonesia.

Sekretaris Jendral (Sekjen) PMI Pusat Sudirman Said mengungkapkan, ribuan relawan PMI masih ditugaskan melakukan penyemprotan dan kampanye kesehatan di seluruh wilayah. 

"PMI masih konsisten melakukan giat pencegahan covid 19 dengan melakukan edukasi dan penyemprotan secara rutin di wilayah rawan dan berpotensi penyebaran covid," kata Sudirman saat mengunjungi Pondok Pesantren Tazakka di Kabupaten Batang, Jawa Tengah, Jumat sore, (23/10).

Sudirman didampingi Ketua PMI Jateng Imam Triyanto dan Sekretaris PMI Kabupaten Batang Kusnadi, melakukan koordinasi dan diskusi dengan KH. Anang Rikza Masyhadi dan KH. M. Bisri, beserta para pengajar lainnya, di ponpes yang mendidik lebih dari 600 santri ini.

"Kami menyumbangkan 4 unit alat cuci tangan ke Ponpes Tazakka sebagai simbolis agar dapat diikuti oleh donatur lain. Selain itu, Pondok ini terdapat banyak anak-anak, sehingga akan menjadi baik jika bersih dan sehat dapat dijadikan budaya," jelasnya.

KH. Anang Rikza Masyhadi, pimpinan Ponpes Tazakka mengungkapkan rasa terima kasih atas perhatian PMI. "Kami berterima kasih kepada PMI atas bantuan yang diberikan, ini menunjukkan kerja sama yang baik dalam mengedukasi masyarakat tentang budaya hidup bersih," ungkap Ustadz Anang.

Ketua PMI Jateng Imam Triyanto mengatakan bahwa PMI selalu membantu pemerintah dan masyarakat dalam mencegah virus ini. "Kami siap bantu masyarakat, termasuk lingkungan pesantren dengan mendukung beberapa peralatan dan kegiatan edukasi lainnya," kata Imam saat menyerahkan bantuan 1.000 paket PHBS (berupa sabun dan masker) dan 420 lembar pamflet/poster tentang informasi cegah covid, cara cuci tangan, dan pola hidup bersih sehat. (Mus)