Doni Monardo Dianugerahi Gelar Doktor Honoris Causa dari IPB University

Mus • Thursday, 22 Oct 2020 - 18:08 WIB

Jakarta - Letjen TNI Doni Monardo mendapatkan gelar kehormatan Doktor Honoris Causa dari Institut Pertanian Bogor (IPB) University. Doni Monardo dinilai pantas memperoleh pengakuan dan penghargaan atas karya, prestasi, dedikasi dan kontribusi luar biasa dalam bidang IPTEKS.

Selain itu, Doni Monardo dinilai telah mengabdi dan berjasa terhadap kemajuan pendidikan, pembangunan dalam arti luas dan kemanusiaan.

"Gelar tersebut diberikan berdasarkan Peraturan Senat Akademik IPB Nomor 05/2015 tentang Pemberian Gelar Doktor Kehormatan (Doktor Honoris Causa) di Lingkungan IPB, Letjen TNI Doni Monardo," dikutip dari laman IPB University, Kamis (22/10/2020).

Doni Monardo, dalam perjalanan kariernya juga berkontribusi nyata dalam kegiatan pengembangan dan pengelolaan sumber daya alam serta lingkungan, termasuk selama penugasan di TNI.

Sederet tugas yang pernah diembannya, mulai di Aceh, Danrem 061/Surya Kencana Bogor dan sebagai Danjen Kopasus. Kemudian sebagai Pangdam XVI/Pattimura, Pangdam III/Siliwangi, Sesjen Dewan Ketahanan Nasional (Wantannas) dan kini Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Sedikitnya ada 5 rangkaian kegiatan Doni Monardo yang dinilai luar biasa :

1. Membangkitkan kepedulian lingkungan dan memberikan pelatihan ketrampilan (environmental awareness and training)

2. Memobilisasi sumber daya (resource mobilization) dan membangun jaring kerja kolaborasi (pentahelix)

3. Memulihkan dan merehabilitasi keanekaragaman hayati spesies dan ekosistem

4. Membangun kolaborasi penegakan hukum

5. Melakukan advokasi kebijakan.

Seluruh kegiatan itu dapat berjalan secara berkesinambungan, terutama berkat kepemimpinan Doni yang kuat dan menonjol.