Arkeolog Mesir Kembali Temukan 80 Peti Mati Kuno Berusia 2.500 Tahun

• Wednesday, 21 Oct 2020 - 15:13 WIB

ARKEOLOG Mesir kembali menemukan peti mati kuno (sarkofagus) di Permakaman Safqqara, sebelah selatan Kota Kairo. Jumlahnya kali ini mencapai lebih dari 80 peti mati.

Sarkofagus yang ditemukan terlihat bercorak warna-warni dan masih disegel. Diduga peti mati tersebut terkubur lebih dari 2.500 tahun lalu. Demikian dijelaskan Sekretaris Jenderal Dewan Purbakala Mesir Mostafa Waziri.

Dikutip dari Fox News, Rabu (21/10/2020), Mesir terus berusaha memublikasikan penemuan arkeologisnya dalam upaya untuk menghidupkan kembali sektor pariwisata utamanya.

Perdana Menteri Mesir Mustafa Madbouly bersama Menteri Pariwisata dan Purbakala Khalid el Anany berkunjung dan memeriksa penemuan baru itu. Penemuan kali ini hanya berselang dua pekan setelah didapati 59 sarkofagus berisi mumi di area yang sama di Saqqara.

Situs Saqqara adalah bagian dari nekropolis di ibu kota kuno Mesir, Memphis, yang mencakup Piramida Giza yang terkenal, serta piramida yang lebih kecil di Abu Sir, Dahshur, dan Abu Ruwaysh. Memphis ini ditetapkan sebagai situs Warisan Dunia UNESCO pada 1970-an. ( AKM)

 

Okezone.com