Fenomena La Nina, BMKG : November Separuh Jawa Tengah Masuk Musim Hujan

Mus • Monday, 19 Oct 2020 - 20:05 WIB

Semarang - Badan Metereologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebutkan fenomena La Nina diprediksi akan menyebabkan terjadinya peningkatan akumulasi curah hujan bulanan di Indonesia. Sehingga bisa menyebabkan bencana, seperti gelombang tinggi dan banjir.

Potensi kerawanan bencana ini mendorong pemerintah Jateng menyiapkan SOP penanganan bencana dengan memperhatikan prosedur keselamatan terhadap covid-19. Hal ini menjadi isu penting agar tidak menimbulkan bencana di atas bencana. 

Pengungsian warga terdampak bencana bisa menjadi cluster baru covid-19, sehingga ini menjadi salah satu alasan pentingnya mitigasi dan kesiapan menghadapi fenomena La Nina. 

La Nina harus diantisipasi oleh semua pihak, baik Pemprov Jateng, kabupaten, kota sampai ke tingkat desa, dengan koordinasi sejumlah instansi terkait. Pasalnya, ada area atau sektor yang terdampak langsung seperti pertanian, perhubungan dan perikanan.

Ketua Komisi E DPRD Jateng Abdul Hamid mengatakan bencana alam akibat musim hujan setiap tahun selalu ada. Sehingga koordinasi antara Pemprov Jateng, kabupaten dan kota serta instansi terkait sangat dibutuhkan. Apalagi saat ini, dimana sejumlah wilayah di Jateng Selatan terindikasi masuk kategori rawan gelombang tinggi, seperti di Cilacap, Banyumas, Purworejo, dan Kebumen.

Koordinasi Pemprov Jateng dan Kabupaten/Kota dan instansi terkait untuk menyiapkan tenaga, peralatan, logistik dan alokasi anggaran serta lainnya. Juga kesiapan rumah singgah dan jalur evakuasi untuk pengungsi, juga kesehatan berupa obat-obatan dan tenaga medis. 

Di samping itu semua pihak pun harus selalu waspada terhadap La Nina, tutur Abdul Hamid, dalam Diskusi Primetopic bersama DPRD Jateng dengan tema Mitigasi dan Siaga Fenomena La Nina, di Hotel Gets Semarang, Senin (19/10/2020).

Terkait kerawanan bencana akibat Fenomena La Lina, dibenarkan oleh Adi Widagdo Kasi Kesiapsiagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jateng. Dari pantauan BPBD Jateng sudah ada laporan dari beberapa daerah seperti pohon yang tumbang dan lain sebagainya, “Ini bisa menjadi tanda-tanda bahwa dampak fenomena La Lina sudah mulai muncul meski masih kecil”, Tambah Adi.  

Sementara itu, Tuban Wiyoso, Kepala Stasiun Klimatologi Semarang menjelaskan iklim dan cuaca Jawa Tengah dipengaruhi oleh iklim global, regional dan pengaruh lokal. Pengaruh  global itu antara lain fenomena El Nino atau la Nina, karena Indonesia diapit dua benua dan dua Samudra.

“La Nina, sendiri terjadi di samudra Pasifik, jika di Pasifik Timur suhunya dingin itu akan terjadi fenomena la Nina jika panas terjadi El Nino, tahun ini suhu di Pasifik saat ini mendingin lebih dari 1 derajat, dengan kondisi itu membuat massa udara bergerak dari samudra Pasifik bagian Timur ke wilayah Indonesia sehingga menyebabkan curah hujan di Indonesia meningkat,” tambah Tuban.

Di samping faktor global dan regional, faktor lokal seperti ada angin darat angin laut itu terintegrasi menjadi cuaca Indonesia khususnya di Jawa Tengah. 

Pada kesempatan itu, Tuban menerangkan musim hujan di Jawa Tengah tidak bersamaan. Ada beberapa wilayah yang Oktober ini sudah mulai masuk musim hujan namun ada beberapa wilayah musim hujannya pada bulan November. 

Untuk wilayah Jawa Tengah bagian pegunungan seperti di Wonosobo, Temanggung, sampai ke barat seperti Pekalongan hulu, Brebes hulu itu sudah mulai hujan Oktober ini. Sementara wilayah pantura hujannya di bulan November. 

Hasil pantuan BMKG wilayah yang bulan Oktober curah hujannya sudah mulai tinggi adalah di sekitar Purbalingga, Pekalongan, Pemalang, Banjarnegara, Cilacap, kebumen dan Wonosobo. Namun, Tuban mengingatkan memasuki bulan November itu hampir separuh Jawa Tengah itu curah hujannya sudah tinggi. 

Dan pada Desember hampir seluruh wilayah Jawa Tengah curah hujannya sudah tinggi dan sangat sangat tinggi terutama di wilayah pegunungan seperti Pemalang, Pekalongan, batang, Purbalingga sebagian wilayah Banjarnegara, Wonosobo dan Temanggung. (Den)