Primetopic Trijaya FM : Memperkuat Karakter Bangsa

Mus • Wednesday, 14 Oct 2020 - 20:08 WIB

Semarang - Sungguh disayangkan, sejumlah aksi unjuk rasa berujung pada kerusakan fasilitas umum maupun pribadi, terjadi di berbagai kota di tanah air. Tuntutan rakyat terhadap kebijakan pemerintah semestinya dapat dicarikan jalan tengah yang baik dan tidak memicu ketegangan. 

Hal ini semestinya dapat difilter dengan karakter bangsa yang berazaskan Pancasila sebagai perekat kesatuan dan persatuan. Pembangunan karakter dan jati diri bangsa merupakan cita-cita luhur yang harus diwujudkan melalui penyelenggaraan pendidikan yang terarah dan berkelanjutan.

Beberapa hal penting tentang penyebab merosotnya Karakter anak bangsa yang menyimpang, terungkap dalam acara Primetopic Dialog Bersama DPRD Provinsi Jawa Tengah dengan judul “Memperkuat Karakter Bangsa” di Noormans Hotel Semarang, Rabu (14/10/2020).

Diskusi Primetopic yang disiarkan langsung oleh MNC Trijaya FM itu mengundang pembicara ST Sukirno Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah, Prof. Dr. Mudjahirin Thohir Guru Besar Antropologi Undip Semarang, serta Ketua Dewan Riset Daerah Jawa Tengah dan Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin.

Anggota Komisi A DPRD Jawa Tengah, Sukirno menilai, pemerintah minim dalam melakukan upaya sosialisasi terkait kecintaan terhadap bangsa Indonesia. Kondisi itu berakibat, derasnya arus informasi yang diserap oleh generasi muda bukan lagi jati diri dari bangsa Indonesia.

“Pemerintah harus mengoptimalkan sosialisasi terkait kecintaan kepada bangsa Indonesia, karena hingga saat ini masih sangat minim. Akibatnya kita tidak punya kebanggaan terhadap bangsa Indonesia sendiri,” ujarnya.

Untuk itu, lanjut Sukirno, diperlukan langkah cepat dari pemerintah untuk segera mengambil strategis melalui pendidikan karakter bangsa. “Apakah sekolah-sekolah saat ini sudah mengajarkan karakter bangsa dan mengajarkan untuk mencintai bangsa Indonesia? Untuk itu, pendidikan sangat diperlukan guna membangun karakter bangsa, sehingga diharapkan membawa perubahan karakter menjadi lebih baik,” paparnya.

Sementara Kepala Kesbangpol Provinsi Jawa Tengah, Haerudin menyatakan, pembentukan karakter sangat dipengaruhi oleh faktor lingkungan. Baik itu lingkungan keluarga, sekolah maupun masyarakat dimana ia tinggal.

“Saya pernah berdialog dengan mantan teroris. Dalam kesempatan tersebut, pada dasarnya dia memiliki karakter yang baik. Namun karena salah pergaulan masuk dalam lingkungan tertentu, akibatnya terpengaruh. Akhirnya dia mengakui dan baru sadar terjerumus masuk dalam kelompok tersebut. Inilah, faktor lingkungan ternyata sangat berpengaruh besar membentuk karakter,” ujarnya.

Guru Besar Antropologi Undip Semarang, Mudjahirin Thohir menyoroti terkait sejumlah aksi vandalisme akhir-akhir ini yang dilakukan oleh kalangan muda. Menurutnya, terjadinya aksi anarki maupun vandalisme itu dipengaruhi oleh dua faktor, yaitu internal dan eksternal.

“Dari sisi Internal bagi mereka yang melakukan vandalis, dia berada dalam situasi yang dirinya sendiri tidak nyaman dan dalam situasi yang tidak bisa menjelaskan atas dirinya. Sehingga faktor luar memberi ruang (provokasi-red) yang menjustifikasi bahwa pemerintah salah. Lalu mereka bergerak dengan kemarahan,” paparnya. (Den)