Putus Rantai Covid-19, Anggota DPRD DKI Lukmanul Hakim Gelar Swab dan Rapid Test Gratis Bagi Warga Jakarta Barat

FAZ • Wednesday, 14 Oct 2020 - 10:42 WIB

JAKARTA - Anggota DPRD DKI Jakarta dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN) Lukmanul Hakim menggelar kegiatan rapid dan swab test massal gratis bagi masyarakat di wilayah Jakarta Barat, Rabu (14/10/2020).

Kegiatan yang dilaksanakan oleh Haji Lukman Center ini, diikuti hampir 150 orang warga sekitar dari berbagai latar belakang.

Lukmanul Hakim menyebut, harga swab test yang cukup mahal maka kegiatan test massal gratis ini merupakan bentuk komitmen HLC dalam mengantisipasi penularan Covid-19 di wilayahnya terlebih bagi masyarakat miskin yang tinggal di pemukiman padat penduduk.

“Tentunya dengan semakin meningkatnya angka pasien Covid-19, kami menyadari bahwa kami perlu turut berkontribusi membantu pemerintah dalam mengantisipasi penyebaran, satu di antaranya dengan kegiatan tes rapid dan swab massal hari ini,” ujar Hakim.

Menurut pria yang akrab disapa Bung Hakim ini mengatakan di Jakarta Barat ada beberapa RW yang termasuk zona merah, maka pentingnya tracing dan test dalam upaya penanggulangan Covid-19, kegiatan rapid dan swab test gratis akan dilaksanakan secara berkala di beberapa wilayah di Jakarta Barat.

"Tadi juga ada 42 warga yang di test rapid itu reaktif, langsung di swab setelah di rapid warga itu yang reaktif, tapi kan hasil swab keluar sekitar 3 hari, ya semoga tidak ada warga yang positif," kata Hakim.

Ia juga mengingatkan warga terkait pentingnya menerapkan gerakan 3M yakni memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan pakai sabun.

Hakim berharap di masa pandemi Covid-19 ini, seluruh elemen masyarakat bahu membahu membantu pemerintah dalam menangani dampak Covid-19, termasuk di sektor kesehatan dengan membuat layanan swab test gratis bagi masyarakat tidak mampu.

"Harapan saya bagaimana ini bisa menjadi contoh buat teman-teman yang lain silahkan untuk membantu rakyatnya. Mungkin lewat partainya, lewat anggota DPRD nya, ataupun lewat pengusaha dan lainnya," ujar dia.