Dijual dengan Harga Rp1,3 Juta, Obat Covid-19 Mulai Dipasarkan Pekan Depan

Vir • Tuesday, 6 Oct 2020 - 08:16 WIB
Foto: Okezone.com

Jakarta - Obat Covid-19 berbentuk serbuk injeksi liofilisasi yang mengandung zat aktif remdesivir dengan merek Desrem akan segera dijual oleh PT Indofarma Tbk (INAF). Selain itu, Desrem™ Remdesivir Inj 100 mg, yang merupakan produk antiviral hasil produksi Mylan Laboratories Ltd juga akan dipasarkan pekan depan.

Direktur Utama Indofarma Arief Pramuhanto menyebutkan, harga jual Remdesivir dari Indofarma senilai Rp1,3 juta, dan telah mendapatkan persetujuan Emergency Use Authorization (EUA) di Indonesia dan telah disetujuioleh BPOM melalui penerbitan Nomor Izin Edar yang sudah diterbitkan pada tanggal 30 September 2020.

Sedangkan untuk ketersediaan stock pada bulan ini, sudah tersedia sebanyak sekira 400.000 vial dengan harga yang tentunya terjangkau oleh masyarakat. Sedangkan, dua anggota BUMN Holding Farmasi, yaitu PT Kimia Farma Tbk saat ini sudah mampu memproduksi obat untuk penanganan Covid-19, yaitu Favipiravir yang dapat dipergunakan untuk terapi Covid–19, hasil besutan dari PT Kimia FarmaTbk. 

Selain Favipivar, PT Kimia Farma Tbk, dan anak usahanya, PT Phapros, Tbk, telah berhasil memproduksi juga beberapa obat untuk penanganan Covid-19 antara lain Chloroquine, Hydroxychloroquine, Azithromycin, Favipiravir, Dexamethasone dan Methylprednisolon. (Vir)