Angkasa Pura I Pastikan 15 Bandara yang Dikelola Terapkan Protokol Kesehatan

ANP • Friday, 2 Oct 2020 - 01:08 WIB

JAKARTA - PT Angkasa Pura I (Persero) memastikan protokol kesehatan pada 15 bandara yang dikelolanya berjalan dengan baik.

Direktur Utama Angkasa Pura I Faik Fahmi mengatakan, protokol kesehatan telah diterapkan dengan ketat di seluruh bandara Angkasa Pura I.

"Kami secara rutin melakukan disinfektan di bandara, kemudian melakukan pemeriksaan rapid test untuk calon penumpang," ujar Faik dalam diskusi online, di Jakarta, Kamis (1/10/2020).

Ia juga menyebutkan, pihaknya juga terus berupaya mengembalikan kepercayaan masyarakat untuk menggunakan angkutan udara dengan melakukan sejumlah kebijakan.

"Kebijakan tersebut antara lain, menyiapkan sarana rapid test bagi calon penumpang, disinfektan dan menyiapkan pengurusan dokumen secara digital, sehingga tidak ada penumpukan penumpang," ucap Faik.

Faik menjelaskan, untuk penyediaan layanan rapid test di Angkasa Pura I ini pihak manajemen memberikan harga yang terjangkau yaitu Rp 85 ribu per orang.

Harga ini lebih murah dibandingkan harga normal yang mencapai Rp 150 ribu.

Terkait dampak Covid-19 terhadap industri penerbangan, Faik tidak menampik bahwa pandemi ini membuat bisnis angkutan udara terpuruk.

"Covid-19 membuat industri ini hampir tidak ada penumpang dan kargo yang diangkut, sehingga pengelola bandara maupun maskapai penerbangan mendapatkan pukulan hebat," ujar Faik. (ANP)