Viral Video Ricuh saat Gatot Ziarah ke Kalibata, Kapolres Jaksel: Nggak Ada Bentrok

Mus • Wednesday, 30 Sep 2020 - 22:10 WIB

Jakarta - Sejumlah video memperlihatkan purnawiran TNI adu mulut dengan sekelompok orang saat akan berziarah di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan. Salah satu yang hadir dalam ziarah tersebut yakni Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo.

Kapolres Metro Jakarta Selatan membantah terjadi bentrokan antara purnawirawan dengan massa pengunjuk rasa saat aksi tabur bunga dalam rangka memperingati HUT Ke-75 TNI di Tempat Pemakaman Pahlawan Kalibata.

"Nggak ada bentrok, tadi ada acara tabur bunga dari purnawirawan, saat sudah selesai dan hendak pulang kemudian ada kelompok yang datang berorasi," kata Kapolres Metro Jakarta Selatan Kombes Pol Budi Sartono, seperti dikutip Inews.id, Rabu (30/9/2020).

Budi menjelaskan untuk mencegah terjadinya kericuhan lebih luas, aparat gabungan TNI dan Polri dikerahkan ke lokasi TMP Kalibata untuk membubarkan kelompok massa tersebut.

Kelompok massa dapat dibubarkan, begitu juga dengan anggota Purnawirawan TNI yang di dalamnya terdapat Mantan Panglima TNI Gatot Nurmantyo juga bisa melaksanakan tabur bunga di TMP Kalibata.

"Untuk mencegah bentrokan pasukan pengamanan gabungan TNI dan Polri membubarkan kelompok yang datang. Sedangkan purnawirawan yang melaksanakan tabur bunga telah kembali ke kediaman masing-masing," ujar Budi.

Sementara itu, kericuhan di depan TMP Kalibata tersebar luas di media sosial. Tampak anggota pengamanan dari TNI dan Polri mencoba membubarkan kelompok massa yang berorasi di TMP Kalibata.

Selain itu, sebuah angkot trayek 01 jurusan Kampung Melayu-Senin rusak pada bagian kaca penumpang akibat kericuhan tersebut. Petugas polisi tampak membantu mendorong angkot tersebut ke tempat yang lebih aman.