Tertunda Karena Positif Covid, Pasangan Machfud - Mujiaman Jalani Tes Kesehatan untuk Pilkada Surabaya

Mus • Friday, 18 Sep 2020 - 15:49 WIB

Surabaya - Machfud Arifin-Mujiaman Sukirno, pasangan Bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya akhirnya menjalani medical check up di RSUD dr Soetomo, Jumat (18/9/2020). Test kesehatan pasangan ini sempat tertunda, karena Machfud Arifin dinyatakan positif covid-19. Sebelum test kesehatan, Machfud Arifin sempat menjalani tes usap dan hasilnya negatif.

Dokter Pesta Parulian, Humas RSUD Dr Soetomo Surabaya mengatakan, pasangan MA - Mujiaman melakukan test kesehatan sejak pukul 08.00 WIB tadi. 

“Tes mulai jam 8 pagi. Ada (bakal calon) dari Sidoarjo dari Surabaya, dan Lamongan, pemeriksaannya dilanjutkan hari ini dan besok. Semuanya dua hari,” kata dr. Pesta.

Tes kesehatan Machfud Arifin dan Mujiaman Sukirno terpaksa ditunda karena Machfud Arifin positif Covid-19. Situasi ini membuat KPU mensyaratkan agar melakukan tes swab pada Kamis 17 September kemarin. Jika hasilnya negatif, maka medical check up yang sempat tertunda bisa dilangsungkan sehari setelahnya. 

“Kita menerima permintaan dari KPU seperti itu. Saya tidak sempat melihat satu persatu siapa yang hadir karena sudah masuk di ruang pemeriksaan semua. Dijadwalkan sampai besok pemeriksaannya,” ujar dr Pesta. 

Sementara, Mujiaman Sukirno melalui pesan singkat juga membenarkan jika dirinya bersama Machfud Arifin tengah menjalan tes kesehatan.

“Iya mas tes kesehatan, mohon doanya,” ujar Mujiaman melalui pesan singkat kepada MNC Trijaya Surabaya. 

Pasangan Machfud Arifin dan Mujiaman adalah para penyintas Covid -19. Mujiaman sempat terpapar Covid -19 saat masih menjabat sebagai Dirut PDAM Surabaya. Situasi tersebut sempat menyebabkan PDAM Surabaya lockdown selama 2 pekan. (Hermawan)