Politisi PAN Apresiasi PAM Jaya Gerak Cepat Sediakan Kios Air Bersih di Pegadungan Jakbar

FAZ • Friday, 11 Sep 2020 - 14:03 WIB

JAKARTA - Untuk mengatasi kelangkaan air bersih di kawasan-kawasan yang tidak terjangkau oleh jaringan pipa air bersih, PAM Jaya akan membangun kios air di wilayah Kampung Maja, Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat.

Anggota Fraksi PAN DPRD DKI Jakarta Lukmanul Hakim mengapresiasi upaya gerak cepat PAM Jaya dalam menangani krisis air bersih di wilayah Jakarta Barat.

Hal tersebut diungkapkan Lukmanul Hakim saat meninjau langsung warga yang kesulitan air bersih di wilayah Kampung Maja, Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat, Jumat (11/09/2020).

“Saya mengapresiasi PAM Jaya yang cepat menanggapi aspirasi dari warga disini (pegadungan), harapan saya terkait hal ini bisa terpenuhi, terutama kebutuhan sehari-hari warga disini untuk mendapatkan air bersih,” ujarnya di lokasi.

Hakim menyoroti belum meratanya pasokan air bersih untuk warga Ibu Kota Jakarta. Saat ini, banyak warga Maja Pegadungan tidak mendapatkan air bersih sehingga mengandalkan air kali keruh di dekat rumah untuk kebutuhan sehari-hari

“Contohnya di Jakarta Barat masih ada saudara kita di wilayah Maja Pegadungan yang nyuci pakaian masih pakai air kali," kata Lukmanul Hakim.

Anggota Komisi A DPRD DKI Jakarta ini juga menekankan pentingnya pemenuhan air bersih di DKI Jakarta khususnya Kawasan padat penduduk. Dia menyebut kebutuhan air bersih menjadi prioritas yang sangat tinggi bagi seluruh masyarakat. 

Sementara itu, Direktur Utama PAM Jaya Priyatno Bambang Hernowo mengatakan, kios air berkapasitas 4.000 liter akan dikelola oleh warga dengan petunjuk PAM Jaya.

Nantinya PAM Jaya akan menyediakan dua kios air yang masing-masing kios berkapasitas 4.000 liter untuk digunakan oleh warga RT 06 RW 02, Kampung Maja, Kelurahan Pegadungan, Jakarta Barat.

"Insya allah maksimal dua bulan kedepan sudah ada dua kios air disini (pegadungan) kapasitas masing-masing 4.000 liter,” ujar Hernowo dilokasi.

Selain dua kios di Pegadungan, lanjut Bambang, PAM Jaya sudah mengoperasikan sekitar 120 kios air bersih di seluruh wilayah operasionalnya di wilayah Jakarta Barat.

Bambang Hernomo menambahkan bahwa PAM Jaya saat ini sedang melalukan pembangunan jaringan pipa air bersih untuk di wilayah Jakarta Barat yang akan rampung pada awal tahun 2021.

"Dari situ ada jaringan perpipaan juga yang sedang kita bangun sekarang ini, tapi itu mungkin selesai awal tahun depan untuk di wilayah Jakarta barat hingga ke Kamal Muara," pungkasnya.