Pakar: Puncak Pandemi Corona di Jakarta Diprediksi Akhir Bulan ini

Mus • Tuesday, 8 Sep 2020 - 14:24 WIB

Jakarta - Sejumlah pakar kesehatan memprediksi Jakarta segera memasuki puncak pandemi covid-19 dalam waktu dekat. Prediksi itu muncul menyusul penambahan kasus positif covid-19 di Jakarta yang dalam beberapa hari terakhir selalu menembus 1.000 pasien.

Epidemiolog asal Universitas Griffith Australia, Dicky Budiman menjelaskan Jakarta mulai menunjukkan tanda-tanda memasuki puncak pandemi. Dia memprediksi puncak pandemi covid-19 di Jakarta berlangsung antara akhir September hingga pertengahan Oktober 2020.

"Untuk Jakarta puncak pandemi akhir September hingga pertengahan Oktober," ujarnya dikutip dari INEWS.id di Jakarta, Selasa (8/9/2020).

Dia mengatakan puncak pandemi covid-19 di Indonesia akan berbeda-beda setiap daerahnya. Dicky memperkirakan puncak pandemi paling dekat terjadi di Jakarta sebagai provinsi dengan jumlah kasus positif covid-19 tertinggi di Indonesia.

Melihat hal tersebut, Dicky berharap ada antisipasi khusus dari pemerintah, terutama dalam segi pelayanan kesehatan. Dicky meminta pemerintah menyiapkan langkah jika terjadi lonjakan pasien yang harus dirawat di rumah sakit.

"Ini artinya, semua wilayah di Indonesia harus segera mengantisipasi, terutama mereka harus evaluasi kapasitas layanan kesehatan. Karena itulah indikator paling penting dalam mitigasi pandemi ini. Jika saat ini sudah mencapai batas maksimal 60 persen dari tingkat hunian rumah sakit, maka harus ada upaya lebih optimal, lebih masif dan agresif lagi untuk mencegah lonjakan pasien yang harus dirawat ke rumah sakit," katanya.