Berdayakan Potensi Daerah, Kemnaker Luncurkan Sikok Name Coffee

ADM • Friday, 28 Aug 2020 - 15:35 WIB

BELITUNG – Guna memberdayakan Usaha Kecil Menengah (UKM) dan potensi daerah di masa pandemi, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) kembali meluncurkan produk kopi "Sikok Name Coffee" di Balai Latihan Kerja (BLK) di BLK kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung, Kamis (27/8/2020).

Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker, Bambang Satrio Lelono, menyambut positif diluncurkannya "Sikok Name Coffee" yang merupakan produk hasil olahan BLK Belitung tersebut.

"Sikok Name Coffee ini diharapkan dapat memotivasi masyarakat Belitung pada umumnya untuk memperkaya lagi produk dari kearifan lokal. Sebagai daerah wisata, tentunya potensi ini tidak boleh dilewatkan," kata Bambang dalam sambutannya.

Dirjen Bambang Satrio mengakui potensi produk olahan kopi di Belitung cukup menjanjikan. Hal itu bisa dilihat dari banyaknya kedai kopi di Belitung yang semakin menjamur. "Sementara bahan baku masih mengandalkan dari daerah lain," katanya.

Di masa pandemi seperti saat ini, BLK menjadi salah satu tumpuan masyarakat untuk tetap bisa mengasah kemampuan diri. Para pekerja yang terkena PHK ataupun dirumahkan diharapkan tetap meng-upgrade skill-nya. "Hingga Agustus 2020 ini, BLK Belitung telah melatih 304 orang dari target 352 orang yang akan dilatih," katanya.

Bambang Satrio menegaskan, dengan kehadiran BLK Belitung sebagai Unit Pelaksana Teknis Pusat, pemberdayaan masyarakat di Belitung akan lebih mudah. "Apalagi dengan adanya kejuruan Office Administration Assistance (OAA), Front Office Rereptionist, Barista, Pengolahan Ikan, Pengolahan Buah, Pembuatan Roti & Kue, Pemandu Selam, Room Attendant, dan Tour Guide, " katanya.

Peluncuran "Sikok Name Coffee" disaksikan Bupati Belitung, Sahani Saleh dan seluruh Kepala BLK se-Indonesia. Dalam kesempatan sama, juga dilakukan penandatanganan nota kesepahaman (Memorandum of Understanding) antara BLK Belitung dengan PT. POS Indonesia tentang pengiriman produk alumni BLK Belitung yang akan dipasarkan.

 

Sumber: kemnaker.go.id