Survei IPI: Elektabilitas Gibran di Solo 36,8 Persen

AKM • Thursday, 27 Aug 2020 - 20:52 WIB

Jakarta --  Survei menjadi alat ukur guna memgetahui gambaran san sikap masyarakat. Survei juga dapat melihat dukungan masyarakat terhadap pasangam calon dalam Pilkada disuatu wilayah termasuk di Solo -Jawa Tengah.

Survei Indonesian Politic Institute (IPI) mencatat keterpilihan atau elektabilitas putra Presiden Jokowi Gibran Rakabuming Raka di pilkada Surakarta hanya 36,8 persen.

Direktur Ekskutif Indonesian Politic Institute (IPI), Karyono Wibowo mengungkapkan, hasil tersebut didapat saat responden diberi pertanyaan spontan 'Jika pilkada Surakarta diadakan hari ini, siapa yang anda pilih'.

"Hasilnya 36,8 persen memilih Gibran Rakabuming Raka, kemudian Pak Achmad Purnomo 3,9 persen, dan penantang Gibran, Bagyo Wahyono mendapat 1,3 persen," ujar Karyono, dalam siaran Per secara daring, Kamis (27/8/2020).

Kemudian, nama Teguh Prakosa mendapat 0,8 persen, dan Rudi Hadiyatmo yang merujuk pada nama Wali kota Surakarta yang salah dieja responden mendapat dukungan 0,6 persen.
"Untuk kategori yang belum menentukan pilihan kepada calon atau tidak tau ada 45,9 persen," ucap Karyono.

Survei menggunakan metodologi Multi Stage Random Sampling, dengan margin of error -+ 4,8%, di mana jumlah respondennya adalah 440 orang dengan waktu penelitian di lapangan 3-7 Agustus 2020.

Diketahui Gibran Rakabuming Raka didukung oleh sejumlah partai seperti Partai Golkar, PDIP, PKB, PPP, PSI, maupun PAN,

Putra Sulung Jokowi itu akan maju bersama Teguh Prakosa pada pilkada serentak pada 9 Desember 2020 mendatang. (AKM)