Anies Buka Kembali Bioskop, Ketua DPRD : Silahkan Asalkan Protokol Kesehatan Dijaga

FAZ • Thursday, 27 Aug 2020 - 00:15 WIB

Jakarta - Ketua DPRD DKI Jakarta, Prasetyo Edi Marsudi mendukung rencana Gubernur Anies Baswedan yang ingin membuka kembali hiburan bioskop di tengah pandemi virus corona.

Hanya saja Prasetyo mengingatkan nantinya bila cinema itu dibuka harus menaati protokol kesehatan, agar tak jadi klaster baru penyebaran COVID-19 di tempat bioskop.

"Kalau bioskop mau dibuka silahkan protokol kesehatan dijaga. Misalkan 100 orang di dalam ya 30 oranglah jaga jarak, semua pandemi covid-19 harus tetap kita lawan," kata Prasetyo di Muara Karang, Jakarta Utara, Rabu (26/8).

Politikus PDI Perjuangan ini mengaku, setuju dengan niatan Pemprov DKI itu. Bukan tanpa sebab beroperasi kembali bioskop dapat menggeliatkan kembali perekonomian di bidang hiburan.

Apalagi jika bioskop dibuka nantinya akan menghidupkan lagi ekonomi para pegawai yang bekerja di bioskop itu, karena sebelumnya ditutup karena wabah corona.

"Artinya hiduplah ekonomi sekarang pengusaha punya anak buah, anak buah punya keluarga, jadi kita manusiawi juga lah," paparnya.

Sebelumya, Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan mengatakan, pihaknya dalam waktu dekat akan membuka kembali bioskop di masa Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) Transisi. 

"Dalam waktu dekat ini kegiatan bioskop akan kembali dibuka. Dan protokol kesehatan akan ditegakkan lewat regulasi detil dan adanya pengawasan yang ketat. Sehingga pelaku industri memberikan jasa kepada masyarakat tanpa resiko yang besar," kata Anies melalui YouTube kanal BNPB yang bertema Pebukaan Bioskop di DKI Masa Pandemi COVID-19, Rabu (26/8).