Mahasiswa KKN Probolinggo Temukan Limbah Medis Dibuang ke Sungai

ADM • Monday, 24 Aug 2020 - 14:07 WIB
Photo: iNews.id

PROBOLINGGO - Sekelompok mahasiswa Universitas Zainul Hasan Genggong, Kabupaten Probolinggo, Jawa Timur (Jatim) dikejutkan dengan penemuan limbah medis yang sengaja dibuang oleh seseorang tidak bertanggung jawab. Sampah berbahaya ini ditemukan para mahasiswa saat sedang kuliah Kerja Nyata (KKN) bersih-bersih sungai.

Berbagai jenis limbah medis ini ditemukan di Sungai Kedung Jamban, Desa Kedungrejo, Kecamatan bantaran, Kabupaten Probolinggo. Sampah berupa botol vaksin dan jarum suntik tersebut terbungkus kantong plastik.

Salah satu mahasiswa Universitas Zainul Hasan genggong, Dewi Puspa menjelaska, penemuan limbah medis ini terjadi pada Jumat (21/8/2020). Saat itu, dirinya bersama beberapa kelompok KKN dibantu masyarakat setempat mengadakan acara bersih sungai.

“Limbah medis tersebut bercampur dengan sampah popok bayi, baju, bahkan ada bangkai hewan peliharaan. Setelah kami angkat untuk kita jemur, ternyata salah satunya ada limbah medis,” ujar Dewi, Senin (24/8/2020).

Dewi mengaku sempat mengunggah kejadian tersebut di akun media sosialnya. Banyak respon dari netizen yang prihatin dengan aksi pembuangan limbah medis ini.

“Limbah tersebut diserahkan ke Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Probolinggo, karena menurut saya limbah medis harus ada perlakuannya sendiri, tidak dibuang sembarangan,” katanya.

Dia mengatakan, kegiatan bersih sungai ini memang dipilih dalam KKN. Tujuannya agar masyarakat bersama-sama menjaga lingkungan. Salah satunya tidak membuang sampah sembarangan di sungai.

 

Sumber: iNews.id