Senin Pagi, KCI Klaim Penumpang KRL Sudah Kondusif

ADM • Monday, 24 Aug 2020 - 11:13 WIB
Photo: Sindonews.com

JAKARTA - Kondisi di sejumlah stasiun pada Senin (24/8/2020) pagi ini terpantau kondusif. Setelah libur panjang dan cuti bersama akhir pekan, hingga pukul 07.00 WIB pagi ini pengguna KRL secara keseluruhan tercatat mencapai 75.693 penumpang.

VP Corporate Communications PT KCI Anne Purba mengatakan, angka ini meningkat dibandingkan Senin 10 Agustus 2020 di waktu yang sama dimana terdapat 70.072 pengguna.

"Antrean penyekatan pengguna tetap ada di sejumlah stasiun yang menjadi titik keberangkatan para pengguna, namun antrean berlangsung tertib," kata Anne kepada wartawan, Senin (24/8/2020).

Di stasiun-stasiun padat seperti Stasiun Bogor, Stasiun Cilebut, Stasiun Bojong Gede, dan Stasiun Citayam hingga pukul 07.00 WIB tercatat jumlah pengguna naik dibanding Senin 10 Agustus 2020 lalu.

Perbandingan menggunakan data hari Senin dua pekan lalu, sehubungan Senin pekan lalu 17 Agustus 2020 adalah hari libur nasional Peringatan HUT ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia.

Di Stasiun Bogor misalnya, ada 6.776 pengguna, meningkat dari 5.113 pengguna pada waktu yang sama dua pekan lalu. Stasiun Bojong Gede ada 6.256 pengguna atau meningkat 12 persen, Stasiun Cilebut tercatat 3.705 pengguna atau meningkat 10 persen, dan Stasiun Citayam 5.573 pengguna atau meningkat 30 persen dibanding Senin 10 Agustus pada waktu yang sama dimana tercatat 4.274 pengguna.

Walaupun terdapat kenaikan, secara umum kondisi di sejumlah stasiun tetap stabil dan terkendali. Sebelum berangkat, pengguna dapat melihat info kepadatan dan posisi antrean di stasiun-stasiun melalui versi terbaru aplikasi KRL Access yang telah tersedia untuk android maupun iOS.

Sebagian dari pengguna juga mengikuti imbauan untuk mengatur perjalanannya dengan memanfaatkan akhir pekan untuk kembali ke Jakarta atau lokasi aktivitasnya, serta sebisa mungkin menghindari jam sibuk.

"PT KCI hari ini tetap mengoperasikan 975 perjalanan KRL per hari dengan waktu operasional pukul 04.00 WIB-21.00 WIB sesuai dengan pola operasi di masa PSBB Transisi," tambahnya.

Dalam memberikan layanan pada masa pandemi ini, PT KCI senantiasa mengutamakan pelaksanaan protokol kesehatan diantaranya kewajiban menggunakan masker, pengecekan suhu tubuh saat akan naik KRL, pembatasan pengguna di dalam KRL, menjaga jarak saat di stasiun dan KRL, serta penyediaan wastafel tambahan sebagai fasilitas untuk mencuci tangan.

Kebersihan stasiun dan kereta juga rutin dijaga dengan pembersihan berkala selama beroperasi maupun seusai jam operasional layanan KRL.

 

Sumber: Sindonews.com