Masih Ditemukan Pihak Abaikan Protokol Kesehatan Covid-19

ANP • Tuesday, 18 Aug 2020 - 21:54 WIB
Foto: Biro Pers Istana Kepresidenan

JAKARTA - Satuan Tugas Covid-19 memperingatkan sejumlah pihak yang tidak patuh pada protokol kesehatan. Peringatan hari kemerdekaan 17 Agustus di sejumlah daerah malah disalahartikan dengan perayaan besar-besaran tidak menerapkan protokol kesehatan. 

Juru Bicara Satgas Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menyebut beberapa kegiatan tersebut. Diantaranya kegiatan sepeda santai yang diikuti lebih dari 3000 peserta di Padang, Sumatera Barat pada tanggal 16 Agustus lalu. 

"Dan terlihat banyak kerumunan yang begitu dekat dan tidak menggunakan masker. Kami mohon anggota masyarakat dan pimpinan daerah agar betul-betul memperhatikan hal-hal ini agar tidak terjadi di masa yang akan datang," tegasnya di Kantor Presiden, Selasa 18 Agustus 2020.

Kasus lainnya ada pertunjukan musik dihadiri ribuan pengunjung yang diadakan di wisata alam Jumprit, Temanggung, Jawa Tengah pada tanggal 15 Agustus. Dalam kegiatan ini banyak pengunjung yang tidak menggunakan masker. 

Dan kasus terkini, pada hari ini ada aksi masyarakat dari Deklarasi Koalisi Aksi Menyelamatkan Indonesia di Tugu Proklamasi, Jakarta. 

"Dan ini terlihat kerumunan massa yang cukup besar dan terlihat sebagian ada yang menggunakan masker, sebagian tidak menggunakan masker atau maskernya digunakan dan diturunkan di dagu," lanjutnya. 

Menurutnya hal-hal demikian tidak mendukung apa yang telah dilakukan pemerintah dalam mencegah persebaran Covid-19. Dikhawatirkan akan muncul kluster-kluster baru. 

"Apabila hal-hal demikian terus berulang, maka kluster tadi (baru) yang dipertanyakan banyak pihak, itu akan muncul. Dan ini harus kita cegah agar betul-betul kondisi aman Covid-19 di Indonesia bisa terjadi, dan masyarakat dapat melakukan kegiatan sosial ekonomi secara aman dan terkendali," pintanya. (ANP)