BCA dan IPB Gelar Kuliah Umum Virtual

ANP • Tuesday, 18 Aug 2020 - 14:26 WIB

Bogor – PT Bank Central Asia Tbk (BCA) sebagai salah satu institusi keuangan di Indonesia memiliki komitmen untuk peduli terhadap dunia pendidikan seiring tujuan untuk turut berkontribusi dalam mencerdaskan bangsa. Komitmen ini diwujudkan salah satunya melalui pemberian beasiswa dan penyelenggaraan kuliah umum di sejumlah Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Kendati dalam kondisi pandemi COVID-19, Bakti BCA menyelenggarakan kuliah umum bagi mahasiswa secara virtual. Kali ini, kuliah umum diselenggarakan bagi mahasiswa Institut Pertanian Bogor (IPB) dan para mahasiswa penerima Beasiswa Bakti BCA tahun ajaran 2019 – 2020 dari 18 perguruan tinggi negeri.

Kuliah umum bertajuk “Striving for Excellence During New Normal” ini menghadirkan Wakil Presiden Direktur BCA, Armand W Hartono sebagai pembicara, didampingi oleh EVP CSR BCA Inge Setiawati, Kepala Kanwil IX Djoko R. Mijaata, dan Kepala KCU Bogor Vincentius Dwi Anto Kusdiyono. Turut hadir sebagai pembicara pada sesi kedua, Presiden Komisaris Binar Grup Julianto Eka Putra. Kuliah umum yang diselenggarakan secara virtual pada Rabu (05/08) dibuka oleh Rektor IPB Prof. Dr. Arif Satria.

“Pendidikan merupakan salah satu pilar utama dalam membangun kualitas SDM seseorang. Di tengah perkembangan teknologi yang sangat pesat saat ini, mahasiswa harus memanfaatkannya dengan baik untuk mendukung pembelajaran hard skill maupun soft skill. Di kondisi pandemi COVID-19 saat ini, anak muda Indonesia juga harus kreatif dan inovatif dalam menimba ilmu dan terus semangat dalam mencari pengetahuan dan pengalaman baru,” ujar Armand.

Pada masa pandemi COVID-19, pertemuan tatap muka cukup dibatasi sesuai dengan protokol kesehatan yang disarankan oleh Pemerintah dan WHO. Armand menambahkan, digitalisasi saat ini menjadi andalan karena dapat mendukung berbagai kegiatan tanpa harus bertemu secara langsung. Beberapa pekerjaan kini diambil alih oleh mesin. Sebagai konsekuensinya, standar kualitas SDM pada era new normal juga harus ditingkatkan untuk dapat bersaing dengan kancah global.

"Ilmu tidak hanya diperoleh saat kita menempuh jenjang pendidikan formal. Sejatinya, belajar dan memperoleh ilmu merupakan kegiatan yang akan kita lakukan sepanjang hayat. Kuliah umum hari ini diharapkan dapat memberikan bekal serta motivasi bagi teman-teman untuk terus belajar dan memanfaatkan berbagai kesempatan untuk meraih prestasi saat ini maupun di masa mendatang,” tutup Armand. (ANP)