Sinabung Terus Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter

ADM • Tuesday, 18 Aug 2020 - 11:59 WIB
Photo: Sindonews.com

KABANJAHE - Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara mulai Selasa pagi (18/8/2020) sekitar pukul 07.30 WIB hingga siang ini menunjukan aktivitas yang meningkat. Dimana secara terus menerus erupsi dan memuntahkan abu vulkanik tanpa henti. Erupsi Gunung Sinabung ini berdampak kepada terjadinya hujan abu vulkanik setinggi 1.000 meter dari pagi hingga siang di Kota Berastagi.

Sinabung Terus Erupsi, Muntahkan Abu Vulkanik Setinggi 1.000 Meter

“Dengan terjadinya guyuran abu letusan sinabung ini kita mengimbau kepada warga terdampak abu agar mengurangi aktivitas di luar rumah dan bila beraktivitas di luar rumah warga diimbau menggunakan masker dan pelindung mata agar terhindar dari dampak buruk yang di timbulkan abu vulkanik letusan sinabung,” kata Petugas Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG)Pos Pantau Gunung Sinabung Armen Putra, Selasa (18/8/2020).

PVMBG, kata dia, juga menghimbau kepada warga dan wisatawan untuk tidak mendekati zona merah Gunung Sinabung yang sudah dikarenakan mulai Selasa pagi gunung sinabung mengalami peningkatan aktvitas erupsi dan dapat terjadi erupsi yanglebih besar sewaktu waktu.

“Status Gunung Sinabung sendiri hingga hari ini masih berstatus Siaga level III,” tandasnya.

 

Sumber: Sindonews.com