Belajar di Rumah Karena PSBB? Ajarkan Sains pada Anak dengan Cara Ini

ADM • Tuesday, 18 Aug 2020 - 11:16 WIB
Photo: Okezone.com

Seiring dengan bertambahnya kasus Covid-19 di Indonesia, pemerintah menerapkan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Akibatnya, ruang gerak masyarakat pun dibatasi, termasuk kegiatan belajar mengajar para siswa secara daring atau online yang telah diberlakukan sejak 15 Maret lalu.

Kendati demikian, anak-anak maupun orangtua jadi lebih sering menghabiskan waktu di rumah. Dari pada hanya bermain seharian, bunda bisa ajarkan anak-anak untuk mempelajari sains.

Jika sains merupakan salah satu pelajaran yang tak disukai anak, yakinkanlah mereka bahwa sains itu ada di sekitar kita. Seperti keindahan warna pelangi yang tiba sehabis hujan. Itu juga merupakan bagian dari pada sains. 3M Science Games, mengajak anak usia sekolah dasar untuk mengenal lebih dalam science dengan cara yang asik dan menyenangkan.

Sejatinya, pelangi adalah sinar matahari yang dipantulkan oleh air. Sinar matahari yang dipantulkan air akan berubah menjadi bengkok. Karena air hujan yang memantulkan sinar matahari itu banyak, jadi sinar matahari akan terus membengkok, hingga akhirnya membentuk lingkaran.

Supaya anak lebih mudah memahami sains, bunda bisa ajak anak-anak untuk praktek bersama membuat pelangi cermin. Melalui praktek ini, anak-anak akan belajar tentang bias cahaya. 3M Indonesia memberikan pilihan aktifitas orang tua dan anak untuk belajar science dirumah dengan percobaan science sederhana dari DoctoRabbit berikut ini.

Bahan-bahan:

- Cermin

- Wadah air

- Dinding atau karton putih

- Senter, jika cuaca mendung

Cara Membuat:

- Lakukan percobaan ini di luar saat matahari sedang terik.

- Isi wadahnya dengan air hingga penuh.

- Masukkan cerminnya menghadap matahari ke dalam wadah, kemudian atur sudut cermin hingga terdapat cahaya pantulan di dinding atau karton putih.

- Atur cahaya pantulan matahari tersebut hingga terlihat warna pelangi pada dinding atau karton putih.

-Tahan sudut cermin tersebut hingga pelangi yang terbentuk benar-benar utuh.

- Jika cuaca mendung, gunakanlah senter sebagai pengganti matahari.

 

Sumber: Okezone.com