Hari Ini Penyuntikan Vaksin Covid-19 Kembali Digelar di Bandung

ADM • Friday, 14 Aug 2020 - 13:40 WIB
Photo: Okezone.com

BANDUNG - Juru Bicara Tim Uji Klinis Vaksin COVID-19 Fakultas Kedokteran Unpad, Rodman Tarigan mengatakan penyuntikkan vaksin Covid-19 akan dilakukan di lima lokasi di Bandung pada Jumat (14/8/2020).

Menurutnya, lima lokasi tersebut meliputi Balai Kesehatan Unpad di Jalan Dipatiukur, Puskesmas Garuda, Puskesmas Dago, Puskesmas Sukapakir, dan Puskesmas Ciumbuleuit. "Iya (lima titik dimulai hari ini)" ujarnya, melalui pesan singkat.

Penyuntikan vaksin di lima titik itu akan digelar secara serentak. Adapun sejauh ini sudah ada 21 relawan yang disuntik vaksin di RSP Unpad.

Sedangkan total jumlah relawan hingga Kamis (13/8/2020) sore yaitu 1.451. "Iya, serentak, 21 yang (sudah disuntik) di Eyckman," ucap dia.

Sementara itu vaksin Sinovac yang didatangkan dari China tersebut memasuki uji klinis tahap ketiga. Pada tahap satu dan dua, vaksin diuji klinis kepada hewan dan puluhan manusia.

Jika uji klinis telah rampung dan dinyatakan berhasil, vaksin bakal diregistrasi ke BPOM kemudian diproduksi oleh Bio Farma.

Sebelumnya, uji klinis vaksin dilakukan di RSP Unpad, Jalan Eyckman, pada tanggal 11 Agustus lalu dan dihadiri langsung oleh Presiden Joko Widodo.

 

Sumber: Okezone.com