Arema FC Rayakan Ulang Tahun Ke-33, Berikut Sejarah Singkatnya

ADM • Tuesday, 11 Aug 2020 - 11:55 WIB
Photo: Okezone.com

MALANG – Salah satu klub papan atas di Liga 1 2020, Arema FC, merayakan ulang tahun ke-33 pada Selasa (11/8/2020). Klub kebanggaan Kota Malang itu berdiri pada 1987 berkat prakarsa dari almarhum Acub Zaenal dan Dirk ‘Derek’ Sutrisno.

Berdirinya Arema tidak terlepas dari hadirnya kompetisi Galatama di Tanah Air. Pada dekade 1980, memang terdapat dua kompetisi bergengsi, yakni Perserikatan dan Galatama. Di kompetisi Perserikatan, Malang diwakili oleh Persema.

Almarhum Dirk Sutrisno saat itu memprakarsai sebuah seminar dengan tema utama apakah sudah waktunya Kota Malang memiliki klub di kompetisi Galatama atau belum. Ide tersebut lantas disetujui oleh SIWO PWI Malang.

Hingga saat itu, Dirk Sutrisno sudah memiliki sebuah klub bernama Armada 86. Di awal-awal berdirinya Arema, klub tersebut bernama Aremada yang tidak lain merupakan gabungan dari Armada dan Arema. Nama Arema sendiri merupakan singkatan dari Arek Malang.

Tak lama kemudian, nama Aremada diganti menjadi Arema 86. Kesulitan dana menyebabkan Derek Sutrisno hampir menyerah untuk mempertahankan Arema 86 di kompetisi Galatama. Acub Zaenal lantas mengambil alih dan berusaha menyelamatkan Arema 86.

Setelah diambil alih, nama Arema 86 kemudian berganti menjadi Arema Indonesia. Sesuai akta notaris, Arema Indonesia dinyatakan berdiri pada 11 Agustus 1987. Karena berdiri pada bulan Agustus, maka singa dipilih sebagai logo klub. Hal itu tidak terlepas dari identiknya Agustus dengan zodiak Leo yang dilambangkan dengan seekor singa.

PSSI kemudian melebur Galatama dengan Liga Indonesia pada 1994. Sejumlah klub swasta seperti Arema, diadu dengan klub-klub perserikatan seperti Persija Jakarta dan Persib Bandung. Pada perkembangannya, hanya Arema Indonesia saja yang bisa bertahan dari klub eks Galatama.

Sekadar informasi, klub-klub Galatama diproyeksikan untuk profit alias untung secara keuangan. Finansial klub dikelola mandiri oleh pemilik atau yayasan, beda dengan perserikatan yang kala itu masih didanai oleh pemerintah daerah (pemda) atau pemerintah kota (pemkot).

Karena statusnya sebagai klub swasta, Arema pun beberapa kali berganti nama. Ketika awal berdiri, namanya PS Arema Malang (1987-1995). Setelah pengelolaan diserahkan kepada Bentoel, namanya kemudian berganti menjadi PS Arema Bentoel (1995-2009).

Perubahan nama kembali terjadi pada 2009 menjadi Arema Indonesia FC (2009-2013), lalu menjadi Arema Cronus FC (2013-2016), dan terakhir Arema FC yang kita kenal sekarang. Sejak berdiri hingga sekarang, Arema beberapa kali meraih gelar juara.

Titel pertama diraih pada kompetisi Galatama pada 1992-1993. Ketika era Liga Indonesia, Arema FC tercatat dua kali meraih gelar juara Piala Indonesia pada 2005 dan 2006. Sementara juara liga, hanya sekali saja mampir ke Kota Malang pada gelaran Liga Super 2009-2010.

 

Sumber: Okezone.com