Anak Mulai Malas Belajar Online, Orangtua Harus Apa?

ADM • Tuesday, 11 Aug 2020 - 11:27 WIB
Photo: Okezone.com

Sejak pertengahan Maret lalu hingga saat ini, para pelajar masih harus menjalankan program belajar online dari rumah. Hal ini bertujuan untuk menekan angka persebaran Covid-19.

Dari awal mula diselenggarakan hingga saat ini, tak jarang banyak pihak yang mengaku kesulitan. Jika di awal mereka rata-rata mengeluhkan soal penggunaan gadget, kali ini banyak orangtua yang mengeluh karena anaknya sudah mulai bosan melakukan belajar online.

Hal ini pun menjadi perhatian Psikolog Peminatan Perkembangan Anak dan Remaja Irma Dianita S.Psi, M.Psi. Ia mengatakan, anak-anak yang sudah mulai jenuh mengikuti pembelajaran secara daring sebenarnya tak lepas dari peran orangtua.

"Karena anak-anak cenderung meniru apa yang dilakukan orangtuanya, maka orangtua harus bisa beradaptasi terlebih dahulu. Setelah itu, orangtua bisa menjelaskan kepada anak menggunakan bahasa yang mudah dimengerti, sehingga ini bisa menjadi support system mereka," jelas Irma dalam webinar The Rise of Digital Parenting pada Kamis (6/8/2020).

Menurutnya, support system adalah hal-hal yang mendukung. Support system merupakan hal utama bagi anak-anak. Ia mengatakan, support system untuk anak adalah orangtua. Jika sudah beranjak dewasa, ia akan menemukan support systemnya masing-masing.

"Anak-anak itu butuh bimbingan orangtua. Nanti seiring bertambahnya usia, mereka akan paham tentang gadget, lingkungan pendukung, dan hal lainnya yang akan ia jadikan support system," pungkasnya.

 

Sumber: Okezone.com