Warga Mulai Bersihkan Abu Vulkanis, Pascaerupsi Sinabung

ADM • Tuesday, 11 Aug 2020 - 10:03 WIB
Photo: Okezone.com

KARO – Pascaerupsi Gunung Sinabung di Kabupaten Karo, Sumatera Utara, yang terjadi kemarin, Selasa (11/8/2020) pagi ini warga mulai membersihkan rumah dan lingkungan tempat mereka tinggal dari abu vulkanis yang tebal.

Menurut Warga Desa Naman Teran, Kecamatan Naman Teran, Karo, saat erupsi berlangsung, kondisi suasana menjadi gelap karena abu vulkanis menyelimuti seluruh desa. Hujan itu juga disertai material batu kerikil. Kejadian ini berlangsung selama kurang lebih setengah jam, dan kemudian berangsur normal.

Akibatnya, abu vulkanis menutupi seluruh bangunan milik warga. Warga setempat pun membersihkan abu vulkanis menggunakan alat seadanya. Mulai dari membersihkan bagian depan rumah dan jalan, sembari menunggu petugas melakukan penyiraman.

Saat ini warga sangat mengharapkan bantuan masker dikarenakan abu yang sangat mengganggu pernapasan. Warga juga memerlukan air bersih untuk membantu membersihkan sisa-sisa material dari abu vulkanis.

“Masker dan penyemprotan air,” kata warga setempat, Soni Milala, Selasa (11/8/2020).

Sebelumnya pada Sabtu (8/8/2020), Gunung Sinabung erupsi sebanyak 2 kali. Gunung Sinabung saat ini berada pada level 3 atau siaga. Warga diimbau untuk tidak beraktivitas di zona merah Gunung Sinabung.

Sementara itu, Gunung Sinabung hingga pagi ini belum menunjukkan penurunan aktivitas dan masih berpotensi terjadi kembali erupsi susulan. Hal ini terlihat dari masih terekamnya kegempaan yang tinggi di alat deteksi Gunung Sinabung.

 

Sumber: Okezone.com