Hindari Ketergantungan, Berikut Tips Kurangi Bermain Media Sosial

ADM • Monday, 3 Aug 2020 - 14:21 WIB
Photo: Okezone.com

JAKARTA - Media sosial digunakan untuk berkomunikasi maupun melihat informasi terkini. Terkadang, seseorang bisa menggunakan media sosial tanpa mengenal waktu dan cenderung berlebihan dalam menggunakannya.

Hal ini dikhawatirkan menimbulkan ketergantungan pada pengguna aplikasi media sosial tersebut. Dikutip iNews, ada cara-cara mudah untuk mengurangi ketergantungan media sosial.

1. Lacak durasi yang Anda habiskan di media sosial

Anda mungkin merasa seperti terlalu banyak waktu yang dihabiskan di media sosial. Sebelum menyimpulkannya, Anda dapat mencari tahu dengan melacak durasi yang Anda habiskan di media sosial. Di iPhone, Anda dapat dengan mudah melihat Durasi Layar.

Tetapi, Anda juga bisa mencoba aplikasi RescueTime untuk melacak jumlah waktu yang Anda habiskan di berbagai situs dan aplikasi. Ini juga bisa membantu Anda memblokir situs yang menurutnya paling mengganggu bagi Anda.

2. Blokir situs media sosial atau hapus aplikasi

Cara berikutnya, Anda bisa memblokir situs media sosial lewat ekstensi browser yang sering Anda gunakan. Jika Anda ingin mengurangi waktu bermain media sosial di ponsel, cara paling mudah adalah menghapus aplikasinya secara langsung. Baik itu Facebook, Twitter, dan Instagram.

3. Aktifkan batas waktu di aplikasi

Beberapa aplikasi media sosial seperti Facebook dan Instagram mempunyai fitur untuk membatasi waktu dalam menggunakan media sosial tersebut. Fitur tersebut melacak berapa menit atau jam per hari Anda menggunakan masing-masing aplikasi itu. Fitur ini juga memberikan opsi untuk membatasi waktu.

Pengaturan ini disebut Set Daily Reminder. Di Instagram, ada di bawah Pengaturan> Aktivitas Anda> Setel Pengingat Harian. Di Facebook, cari Waktu Anda di Facebook di Pengaturan.

4. Nonaktifkan notifikasi

Tak jarang, orang terganggu dengan media sosial karena adanya notifikasi. Oleh karena itu, cara terakhir ini adalah Anda mengontrol sendiri notifikasi Anda agar tidak mengganggu. Sebaiknya, Anda menon-aktifkan notifikasi di aplikasi media sosial yang menurut Anda kurang penting atau tidak terhubung dengan pekerjaan dan tugas Anda.

 

Sumber: Okezone.com