4 Siasat Jitu Ini Atasi Kejenuhan Anak Belajar Online

AKM • Thursday, 30 Jul 2020 - 11:49 WIB

Jakarta -  Pemerintah menganjurkan masyarakat untuk melakukan berbagai aktivitas di dalam rumah selama pandemi Covid-19. Bahkan anak harus melakukan kegiatan belajar online di rumah.

Tentunya bagi para orangtua yang memiliki anak, kegiatan belajar online ini memiliki tantangan tersendiri. Tentunya orangtua wajib membuat kegiatan belajar mengajar menjadi kondusif meski dilakukan di rumah.

Tak heran kalau banyak orangtua yang mengeluh bahwa anaknya tidak dapat fokus dan serius saat belajar online di rumah. Psikolog Keluarga, Ajeng Raviando mengatakan, orangtua memiliki peran penting untuk mendampingi anak saat belajar online.

Dalam acara Perayaan Hari Anak Nasional 2020 bersama Frisian Flag, Ajeng pun membagikan beberapa tips bagi orangtua, supaya sang buah hati dapat belajar online dengan efektif di rumah. Gimana sih siasatnya?

1. Komunikasi efektif antarkeluarga

Menurut Ajeng, komunikasi yang baik sangat diperlukan, baik komunikasi dengan istri dengan suami maupun orangtua dengan anak. Tujuannya agar semuanya bersinergi dan bisa saling membantu satu sama lainnya.

2. Tatanan ruangan yang baik untuk belajar

Kondisi tempat belajar online menjadi bagian yang paling penting. Pastikan memiliki ruang belajar yang kondusif jauh dari keramaina agar konsentrasi anak tidak pecah.

3. Membagi jadwal seimbang antara bekerja bermain dan belajar

Orangtua dan anak harus bisa membagi jadwalnya dengan seimbang. Untuk orangtua harus bisa membagi waktu kapan harus work from home (WFH) dan waktu bersama sang anak. Sementara waktu anak untuk bermain dan belajar juga harus seimbang.  

4. Isi kulkas, harus berisi makanan dan minuman yang bergizi dan bernutrisi

Saat belajar online, asupan nutrisi yang baik sangat dibutuhkan anak untuk proses tumbuh kembangnya. Jadi, memperhatikan asupan makanan bergizi sangat penting untuk dilakukan orangtua. (AKM)

 

Okezone.com