Klasemen Akhir Liga Inggris 2019-2020, Man United dan Chelsea Lolos ke Liga Champions

FAZ • Monday, 27 Jul 2020 - 07:51 WIB

LIGA Inggris 2019-2020 akhirnya telah resmi berakhir pada Minggu 26 Juli 2020. Semua tim serentak melakoni partai terakhir di hari tersebut dan dari hasil pertandingan-pertandingan itu, ada beberapa perubahan posisi di klasemen akhir Liga Inggris tersebut.

Untuk peringkat pertama jelas dikuasai Liverpool. Juara Liga Inggris 2019-2020 itu mengakhiri musim ini dengan total raihan 99 poin. Tiga poin terakhir The Reds itu didapatkan usai mereka berhasil menaklukkan Newcastle United dengan skor 3-1 di laga pamungkas tadi.

Sementara itu, posisi kedua juga tentunya masih dimiliki oleh Manchester City. Skuad asuhan Josep Guardiola itu menutup musim ini dengan perolehan 81 poin atau beda 19 angka dengan Liverpool dan unggul 15 angka dengan urutan ketiga.

Man City vs Norwich, Akhiri Liga Inggris 2019-2020 dengan Pesta Gol

Di urutan ketiga pun ada Manchester United. Setan Merah pada akhirnya sukses mengakhiri musim ini di urutan ketiga dengan perolehan 66 poin. Dengan posisi mereka yang berada di empat besar, maka skuad asuhan Ole Gunnar Solskjaer itu mendapatkan tiket Liga Champions 2020-2021.

Tepat di bawah Man United adalah Chelsea yang memiliki jumlah poin yang sama, yakni 66 poin. Chelsea harus rela berada di peringkat keempat karena selisih golnya kalah jauh dari Man United. Kepastian Chelsea finis di urutan keempat pun baru bisa dicapai usai mereka menang 2-0 atas Wolverhampton.

Sementara itu, nasih nahas harus diterima Leicester City. Kekalahan 0-2 mereka dari Man United di laga pekan ke-38 membuat klub asuhan Brendan Rodgers itu terpental dari posisi empat besar. Leicester tepatnya saat ini berada di peringkat kelima dengan raihan 62 poin.

Padahal, sebelumnya Leicester sudah cukup lama bertengger di posisi empat besar. Namun, hasil buruk yang didapatkan mereka semenjak kompetisi Liga Inggris bergulir kembali membuat Leicester harus rela kehilangan banyak poin dan kini hanya bisa berada di peringkat kelima.

Kemudian, yang akan menemani Leicester ke Liga Eropa adalah Tottenham Hotspur. Ya, skuad asuhan Jose Mourinho itu berhasil mengakhiri Liga Inggris 2019-2020 dengan berada di peringkat keenam.

Hasil seri 1-1 di laga Crystale Palace vs Tottenham sudah cukup untuk membuat Harry Kane dan kawan-kawan finis di urutan keenam. Dengan begitu, mereka akan menjadi salah satu perwakilan Inggris di kompetisi kasta kedua Eropa pada musim depan.

Lalu bagaimana dengan Arsenal? The Gunners dipastikan mengakhiri Liga Inggris musim ini dengan berada di urutan kedelapan. Kemenangan 3-2 Arsenal atas Watford tak cukup untuk membuat mereka tampil di kompetisi Eropa musim depan. Namun, Arsenal masih berpeluang mendapatkan tiket Liga Eropa jika menang di final Piala FA 2019-2020.

Selanjutnya, untuk tiga tim terbawah Liga Inggris 2019-2020 dihuni oleh Bournemouth yang berada di urutan ke-17, Watford di peringkat 19, dan Norwich di posisi ke-20